Komunitas LUNA Tolak Usulan <i>Hard Fork</i> Terra, Do Kwon Tetap Pada Pendiriannya
Komunitas LUNA ingin pengembang lakukan burn. (foto: Terra Money)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa waktu lalu CEO Terraform Labs, Do Kwon, berupaya memulihkan ekosistem Terra setelah keruntuhan dua koinnya, UST dan LUNA. Salah satu upaya pemulihan yang akan dilakukan Kwon adalah hard fork atau pemisahan jaringan.

Hard fork pernah terjadi di sejumlah kripto termasuk Bitcoin yang kemudian bercabang dengan munculnya Bitcoin Cash, dan Ethereum yang melahirkan Ethereum Classic. Kali ini Kwon ingin Terra (LUNA) bercabang menjadi dua, LUNA yang sekarang akan menjadi Luna Classic (LUNC), sedangakan koin yang baru akan menjadi Terra (LUNA).

Dilansir dari blog Pluang, hard fork adalah suatu keadaan di mana satuan kripto terbagi menjadi dua. Yakni dari satuan cryptocurrency atau kripto tersebut diubah sehingga menghasilkan kode lama dan kode baru yang mana kedua kode ini tidak kompatibel satu sama lain.

Namun, rencana Kwon untuk memulihkan Terra tidak sejalan dengan komunitas LUNA atau biasa dikenal dengan sebutan LUNAtics. Komunitas menginginkan burn atau pemusnahan koin LUNA untuk meningkatkan nilainya. Mereka tidak setuju dengan usulan forking dari CEO Do Kwon.

Menurut laporan DailyCoin, mulanya polling disajikan kepada komunitas Terra dengan satu pertanyaan sederhana: “Fork?” Dan jawaban yang diterima adalah bulat: 90 persen pemilih tidak ingin melihat blockchain Terra bercabang.

Namun, perlu dicatat bahwa jajak pendapat komunitas bukanlah jajak pendapat resmi governance, sehingga masih ada kemungkinan paus LUNA dan manajemen Terra dapat memutuskan untuk melanjutkan rencana kebangkitan meskipun ada sentimen dan protes dari komunitas terhadap proposal tersebut.

Di luar komunitas LUNA, CEO Binance Changpeng Zhao berpendapat bahwa satu-satunya jalan bagi Terra untuk bisa bangkit adalah dengan cara burning LUNA dalam jumlah yang besar. Burn ditujukan untuk mengurangi suplai koin atau token guna meningkatkan nilainya sehingga bisa kembali ke harga LUNA sebelum anjlok parah.

“Ini (forking) tidak akan berhasil. Forking tidak memberikan nilai apapun pada fork baru. Itu angan-angan,” ujar CZ.

Polling juga dilakukan komunitas LUNA di Twitter. Sebanyak 93 persen menyatakan bahwa forking bukan ide bagus. Mereka ingin pengembang LUNA melakukan burn untuk memperbaiki keadaan.