Diisi Atlet-atlet Berprestasi, Timnas MLBB Indonesia Layak Bawa Pulang Emas di SEA Games 2021
Pertandingan MLBB di SEA Games 2021 akan dimulai pada 18 Mei. (Foto: Instagram PBESI)

Bagikan:

JAKARTA – Tiga cabang Esport di SEA Games 2021 telah dilaksanakan. Pertandingan pertama yang dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei adalah nomor Free Fire, di mana Indonesia membawa pulang dua medali, yakni emas dan perak.

Berbeda nasib dengan Free Fire, tim FIFA Online 4 belum berhasil membawa medali untuk Indonesia. Sedangkan untuk nomor PUBG Mobile Solo, Alan, berhasil membawa pulang Perak. 

Rabu, 18 Mei, giliran tim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang akan bertanding memperebutkan juara di SEA Games ke-31 yang digelar di Hanoi, Vietnam .

Pertandingan MLBB di SEA Games 2021 dibagi ke dalam dua babak, yaitu Group Stage (fase grup) dan Final Stage (fase final).

Fase grup akan dimulai pada 18-19 Mei 2022, sedangkan fasel final aka dilakukan pada 20 Mei 2022.  Di group stage, terdapat tujuh Negara yang akan bertanding, yakni Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Laos.

Pembagian Tim

Berdasarkan ketujuh tim tersebut, kemudian dibagi menjadi dua grup. Dari hasil Drawing MLBB yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, berikut daftarnya. 

Grup A: Filipina, Malaysia, Laos, Myanmar

Grup B: Indonesia, Vietnam, Singapura

Format Pertandingan

Pada fase Group Stage, pertandingan MLBB akan menggunakan format Best of Two (BO2). Artinya, semua tim akan bertanding dua kali di fase ini. 

Jika menang 2-0, maka yang menang akan mendapat 3 poin. Jika skornya seri 1-1, maka masing-masing tim akan mendapatkan 1 poin. Sedangkan kalau kalah 0-2 maka mendapatkan 0 poin. 

Pemenang dan runner up di Group Stage, akan lolos ke babak play-off (Final Stage). Pada babak ini, format permainan akan menggunakan mekanisme Best of Three (BO3). 

Khusus Grand Finals MLBB SEA Games, akan menggunakan sistem BO5 (best-of-five). Artinya, siapa yang mendapatkan 3 kemenangan lebih dahulu dialah yang menang. 

Tim yang lolos ke babak Final Stage adalah peringkat 1 dan 2 di fase grup. Tim yang berhasil menjadi juara grup A dan B akan lolos ke Upper Bracket dan saling berhadapan.

Sementara tim yang menjadi runner-up Grup A dan B akan masuk ke Lower Bracket dan akan saling berhadapan.

Pemenang di final Lower Bracket akan masuk ke grand final dan berkesempatan untuk memperebutkan emas dan perak. Sedangkan yang kalah, mereka menuju perebutan medali perunggu. 

Roster MLBB

Adapun Roster Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Timnas Indonesia di SEA Games 2021, adalah sebagai berikut. 

  • Albert Neilsen Iskandar (RRQ Alberttt)
  • Gilang (Onic Sanz)
  • Calvin Winata (Onic CW)
  • Nicky Fernando Pontonuwu (Onic Kiboy)
  • Calvin (RRQ Vyn)
  • Rivaldi Fatah (RRQ R7)
  • Ihsan Besari Kusudana (Evos Luminaire)

Mengutip dari Esport ID, dari Roster pemain MLBB di SEA Games 2021, masing-masing dari mereka adalah atlet-atlet berprestasi.

RRQ Vyn contohnya, mantan kapten RRQ Hoshi ini merupakan pilar dibalik rapinya gameplay pasukan Sang Raja selama bermusim-musim.

Sedangkan RRQ Albert, menjadi pemain yang ditakuti. Bagaimana tidak, ia pernah dua kali meraih predikat 1st Team Jungler di MPL S7 dan S8, Albert telah menunjukan skill dan mentalnya di MPL Indonesia walau masih berusia belia.

Tidak kalah, ONIC Kiboy juga pernah menjadi 1st Team Roamer di MDL season 2. Musim ini, ia menjadi pemilik assist terbanyak kelima dengan 116 assist.

Bukan hanya itu, pemain lainnya juga memiliki prestasinya masing-masing. Dari rekam jejak yang dimiliki masing-masing atlet, Indonesia optimistis membawa pulang Emas.

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia hari Pertama

Di hari pertama Group Stage (16 Mei), Indonesia akan bertanding dua kali. Pertandingan pertama dengan Vietnam dan pertandingan kedua dengan Singapura. 

Bagi Anda pecinta gim Moba, Anda dapat melihat keseruan pertandingan para atlet Timnas memperebutkan emas di SEA Games 2021 melalui channel YouTube MPL ID.