Timnas MLBB Wanita Indonesia Bawa Pulang Emas Kedua untuk Cabor Esports di SEA Games 2023
Timnas MLBB Putri Indonesia berhasil bawa emas di SEA Games Kamboja (foto: Youtube MPL Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Emas pertama dari cabang olahraga esports, nomor pertandingan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di SEA Games akhirnya berhasil didapatkan oleh timnas MLBB wanita di SEA Games Kamboja 2023.

Meskipun baru pertama kali berlaga di SEA Games, tampaknya skill, mekanik, dan mentalitas para atlet wanita Indonesia patut diacungi jempol. Mulai dari babak Group Stage hingga ke babak Grand Final hari ini, performa Vivian dan kawan-kawan tidak menurun.

Menggunakan sistem pertandingan Best of Five (BO5), Indonesia berhasil mengalahkan musuh terberatnya di nomor MLBB, Filipina dengan tiga kemenangan di babak Grand Final ini.

Di match pertama, Indonesia berhasil menaklukan Filipina dalam waktu 16 menit. Di match ini, dengan hero Yve, CINNYYY keluar sebagai MVP dengan 6 kill, 0 dead, dan 5 assist.

Tapi sayangnya, negara yang dijuluki Pearl of the Orient Seas mampu mengejar ketertinggalan mereka di match kedua dan ketiga. Kemenangan dua match ini kemudian membuat keadaan berbalik dengan Filipina yang memimpin 2 - 1 atas Indonesia.

Pertandingan kemudian semakin menegangkan ketika Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di match keempat, dengan CHELL yang keluar sebagai MVP. Menggunakan hero Beatrix, CHELL mampu mendapatkan 6 kill dan 4 assist.

Di match penentuan, konsistensi timnas MLBB wanita Indonesia dalam meluncurkan serangan demi serangan akhirnya mendominasi permainan dan berhasil menghancurkan seluruh turret lawan dalam waktu 15 menit saja. 

Dengan demikian, pertandingan Grand Final ditutup dengan kemenangan 3 - 2 Indonesia atas Filipina. Emas yang diraih Vivian, Vival, CINNYYY, CHELL, VALANYR dan Fumi Eko ini menjadi medali emas pertama Indonesia di nomor MLBB SEA Games.

Sementara itu, untuk cabang olahraga esports sendiri, Indonesia telah berhasil mengumpulkan tiga medali. Dua emas dari nomor pertandingan Valorant dan MLBB Wanita, dan satu perak dari tim Crossfire.Pertandingan timnas esports masih akan terus berlanjut hingga lima hari ke depan.