Bagikan:

JAKARTA - Grup Climate Replay telah meluncurkan janji online baru untuk memastikan NFT digunakan secara bertanggung jawab dalam video gim. 

Grup yang sebagian besar terdiri dari pengembang Mojang, telah memposting NFT atau Ikrar Kepemilikan Digital di situs webnya dan mendorong studio pengembangan, penerbit, dan individu untuk menandatanganinya.

Janji tersebut meminta pengembang dan penerbit berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap kepemilikan digital, termasuk NFT, memenuhi serangkaian kriteria untuk memastikan mereka tidak berbahaya bagi pemain atau lingkungan.

“Dengan menandatangani ikrar ini, Anda tidak hanya menunjukkan dukungan Anda kepada studio yang telah menandatangani ikrar tersebut, tetapi juga mendorong studio lain untuk melakukan hal yang sama,” kata kelompok tersebut, dikutip dari VGC, Kamis, 28 April. 

Janji tersebut mencakup tujuh poin yang harus dipenuhi untuk memastikan NFT digunakan secara bertanggung jawab. Dengan menandatanganinya, studio dan penerbit berkomitmen bahwa setiap NFT atau kepemilikan digital lainnya:

  1. Membawa nilai yang berarti bagi para pemain
  2. Tidak memanfaatkan teknologi yang dengan sengaja tidak efisien sehingga menimbulkan dampak lingkungan yang nyata dan nyata
  3. Tidak merangkul kelangkaan buatan untuk menghasilkan nilai spekulatif
  4. Tidak bergantung pada cryptocurrency yang tidak diatur dan tidak stabil
  5. Tidak menguntungkan pengadopsi awal atau pengguna/pemain yang lebih kaya secara tidak proporsional
  6. Tidak melanggengkan salah satu aspek negatif berikut dari model Play-to-Earn: Pekerjaan tidak resmi dan Menggeser tujuan utama permainan dari kesenangan menjadi menghasilkan uang
  7. Diimplementasikan dengan transparansi dan mendapat perhatian serius dari anggota studio