Akuisisi Elon Musk pada Twitter Bisa Membuat Platform ini Jadi Ajang Bullying
Elon Musk membuat Twitter makin liar. (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Kritik Elon Musk terhadap Twitter Inc telah memicu rentetan tweet kasar terhadap pengacara top perusahaan pada Rabu, 27 April. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kepatuhannya terhadap perjanjian non-penghinaan dan komentar pengguna yang akan ditetapkan oleh pemilik baru platform media sosial itu.

Cuitan Elon Musk menyatakan bahwa dia tidak setuju dengan keputusan yang dibuat Twitter pada tahun 2020 untuk membatasi distribusi artikel New York Post tentang putra Presiden AS Joe Biden, Hunter. Konglomerat dunia  yang memiliki sekitar 87 juta followers di  Twitter, menyebut keputusan perusahaan untuk mengunci akun NY Post di platform itu "sangat tidak pantas."

Elon Musk, yang Senin 25 April sukses mengakuisisi Twitter senilai 44 miliar dolar AS (Rp636,6 triliun), menanggapi tweet pembawa acara podcast, Saagar Enjeti, tentang Vijaya Gadde, eksekutif yang mengawasi tim kebijakan dan hukum Twitter.

Enjeti menggambarkan Gadde sebagai "pendukung sensor teratas di Twitter yang terkenal menyalakan dunia di podcast Joe Rogan dan menyensor cerita laptop Hunter Biden." Gadde kemudian menjadi subyek gelombang serangan pribadi oleh pengguna Twitter di platform tersebut.

Perjanjian merger Twitter dengan Musk menetapkan bahwa Musk dapat men-tweet tentang kesepakatan itu, "selama Tweet tersebut tidak meremehkan Perusahaan atau Perwakilannya."

Tidak ada indikasi bahwa Twitter, yang menandatangani kesepakatan dengan Musk setelah memutuskan tawarannya yang menarik, akan berusaha untuk membatalkan penjualan karena kritiknya baru-baru ini.

Dick Costolo, mantan kepala eksekutif Twitter, mengkritik Musk atas langkah tersebut. "Bullying bukan kepemimpinan.. Apa yang terjadi? Anda menjadikan seorang eksekutif di perusahaan yang baru saja Anda beli menjadi target pelecehan dan ancaman," cuit Costolo.

Musk kemudian membalas tweet di Costolo: "Apa yang dibicarakan? Saya hanya mengatakan Twitter harus netral secara politik."

Musk juga mempertimbangkan diskusi tentang wakil penasihat umum Twitter, Jim Baker. Menanggapi komentar kritis yang dibuat dalam tweet di akun pribadi  Mike Chernovich tentang Baker, Musk menjawab: "Kedengarannya sangat buruk."

Baker tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters, tentang ini.

Katie Harbath, mantan direktur kebijakan publik di Facebook, anak perusahaan Meta Platform Inc, yang sekarang memimpin konsultan Anchor Change, mengatakan kritik Musk terhadap moderasi konten Twitter menimbulkan kekhawatiran bahwa ia dapat mengesampingkan rekomendasi dari tim yang ditugaskan untuk menetapkan kebijakan dan prosedur.

Sebuah pertanyaan kunci, kata Harbath, adalah apakah Musk "akan menggantikan orang-orang di dalam Twitter dengan orang-orang yang sejalan dengan sudut pandangnya."

Yang lain khawatir bahwa upaya Twitter untuk menangani pelecehan, kebencian terhadap wanita, dan informasi yang salah mungkin mengambil langkah mundur di bawah kepemimpinan Musk.

"Pengejaran Musk terhadap aktivitas normalnya sehari-hari di Twitter memperburuk aspek terburuk dari situs dan melemahkan pekerjaan baik yang telah dilakukan orang-orang di Twitter," kata Adam Conner, wakil presiden untuk kebijakan teknologi di Center for American Progress.

Sementara aktivitas Musk di Twitter menarik pengawasan baru karena kesepakatannya pada hari Senin lalu untuk mengakuisisi perusahaan, orang terkaya di dunia tidak asing dengan kontroversi dan kritik di platform tersebut.

Oktober lalu, Musk mengkritik Missy Cummings, seorang profesor Universitas Duke yang dipekerjakan sebagai penasihat oleh regulator keselamatan kendaraan AS, dalam sebuah tweet, langsung  diikuti oleh serangan pribadi secara online di akun Cummings.

Cumming yang disebut sebagai seorang kritikus lama dari perangkat lunak asisten pengemudi Tesla, kemudian menghapus akun Twitter-nya karena serangan itu.

Pada tahun 2018, Musk menyebut seorang penyelam Inggris sebagai "pria pedo" setelah dia meremehkan gagasan Musk untuk menggunakan kapal selam mini SpaceX untuk menyelamatkan tim sepak bola anak laki-laki yang terperangkap di sebuah gua di Thailand.

"Jika dia terbukti tidak mampu meredam polarisasi, Twitter perlahan-lahan akan mulai menjadi kurang relevan karena jenis percakapan tertentu tidak lagi dapat terjadi di sana," kata David A. Kirsch, profesor manajemen dan kewirausahaan di Universitas Maryland.