Gmail Sediakan Fitur Fokus untuk iOS yang Bisa Jamin Ketenangan Digital Anda
Gmail sediakan fitur Fokus yang lebih nyaman. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Gmail adalah salah satu layanan email terbaik yang juga mudah dioperasikan. Layanan pesan dari Google ini menawarkan email yang aman, andal, dari salah satu perusahaan internet terbesar di dunia.

Tetapi siapa pun yang menggunakan Gmail untuk bekerja, melalui Google Workspace, tahu betapa sakitnya menerima email di luar jam kerja dari atasan yang muncul di layar dan merusak semangat kita.

Google mendengarkan keluhan itu, dan baru-baru ini mengumumkan pembaruan untuk Gmail yang bekerja dengan mode Fokus baru Apple untuk iOS, salah satu fitur terbaik untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan secara digital.

Dilaporkan oleh Tech Radar, Gmail kini dapat bekerja dengan profil ini, baik yang dibuat secara otomatis oleh Apple atau disesuaikan oleh pengguna. Profil baru ini bisa memastikan Anda mendapatkan notifikasi yang hanya diinginkan oleh pengguna.

"Sekarang Anda dapat menentukan kontak Google Chat dan Gmail mana yang masih Anda inginkan notifikasinya saat perangkat iOS Anda dalam mode Fokus," jelas Google, seperti dikutip Tech Radar. "Ini berguna dalam situasi di mana Anda perlu membatasi waktu layar, tetapi tidak ingin melewatkan pesan penting saat notifikasi lain dibungkam."

Setelah pandemi memaksa semua orang untuk bekerja dari rumah, atau setidaknya sebagian bekerja dari rumah, mendapatkan kedamaian digital menjadi sangat penting.

Ketika tidak ada batasan yang jelas antara lingkungan kantor dan rumah, sangat penting untuk memastikan bahwa notifikasi tidak masuk selama waktu "Anda".

Mengelola notifikasi, terutama di iOS sebelum pembaruan terbaru, sebenarnya agak merepotkan. Anda harus membungkam semuanya atau masuk ke Pengaturan setiap saat.

Apple membuat prosesnya jauh lebih mudah dengan iOS 15 dan sangat direkomendasikan untuk menyiapkan beberapa profil Fokus yang berbeda untuk membuat bola bergulir, terutama jika Anda tidak memiliki telepon kantor yang bisa dimatikan.

Pengaturannya bisa sedikit merepotkan, tetapi begitu Anda melewatinya, itu sangat sederhana – dan sempurna untuk menjaga ketenangan pikiran digital tanpa melewatkan pembaruan penting.