Buruan Tambang!  Bitcoin ke-19 Juta Sudah Ditambang, Tinggal 2 Juta Lagi
Bitcoin, kini tersisa 2 juta lagi untuk ditambang. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Bitcoin pada Jumat, 8 April ini memasuki penambangan ke-19 juta. Ini menjadi peristiwa penting untuk mata uang kripto  nomor satu. Sembilan belas juta Bitcoin sekarang beredar, dengan hanya 2 juta Bitcoin yang belum dicetak (atau ditambang) sampai kira-kira tahun 2140.

Di blok 730002, ditambang oleh SBI Crypto, Bitcoin ke-19 juta memasuki sirkulasi. SBI Crypto memperoleh ‎6,32 BTC, kira-kira  293.000 dolar AS (Rp 4,2 miliar) untuk masalah dalam biaya transaksi dan block reward.

Melihat sebuah peristiwa penting ini, komunitas Bitcoin dengan cepat merayakan acara tonggak sejarah tersebut.

CEO dari salah satu penambang Bitcoin paling ramah di dunia ESG, Kjetil Hove Pettersen dari Kryptovault, mengatakan kepada Cointelegraph:  "kami hanya memiliki dua juta Bitcoin—kurang dari 10% dari total, yang tersisa untuk ditambang."

"Ini mungkin tampak seperti angka kecil pada pandangan pertama, tetapi saya yakin hari-hari terbaik untuk menambang masih ada di depan kita," kata Pettersen.

Bert de Groot, pendiri perusahaan penambangan bunga Bitcoin, Bitcoin Bloem, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa “19 juta Bitcoin yang ditambang hari ini menandai momen bersejarah.”

 “ Ini membuat kita menyadari sekali lagi betapa pentingnya pekerjaan itu Satoshi Nakamoto,” kata de Groot.  “Kami berharap kami bisa mengirim bunga untuk menunjukkan rasa terima kasih kami (padanya).”

Menurut Vlad Costea, pendiri Bitcoin Takeover, “hanya ada 2 juta BTC yang tersisa untuk ditambang dalam 118 tahun ke depan!” Selama 13 tahun terakhir sejak dimulainya Bitcoin, para penambang telah menemukan 19 juta Bitcoin. Bitcoin terakhir diperkirakan akan ditambang pada tahun 2140.

Bitcoin ke-18.500.000 juta ditambang pada September 2020, karena tingkat penerbitan saat ini adalah 6,25 Bitcoin per blok. Halving berikutnya, di mana tingkat penerbitan dipotong setengahnya, dijadwalkan pada tahun 2024.

Untuk komunitas Bitcoin, penambangan Bitcoin ke-19 juta menyoroti fakta kelangkaan Bitcoin saat ini. Menurut chief strategy officer Yayasan Hak Asasi Manusia Alex Gladstein, kelangkaan bahkan lebih menonjol, mengingat betapa awal dunia dalam perjalanan untuk mengadopsi Bitcoin.

Bahkan sampai saat ini, El Salvador adalah satu-satunya negara-bangsa yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Mereka bahkan sekarang mengeluarkan “Volcano Bonds” yang didukung Bitcoin untuk mengumpulkan uang. Namun, beberapa negara lain termasuk Brasil menunjukkan tanda-tanda adopsi Bitcoin yang menjanjikan pada tahun 2021.

Dengan kurang dari 10% Bitcoin tersisa untuk ditambang, pembeli Bitcoin paling agresif, seperti Luna Foundation Guard dari Do Kwon, menghadapi perjuangan berat jika mereka ingin terus menumpuk Sats.