Lebih Ramah Lingkungan, Apple Gunakan Alumunium Bebas Karbon untuk Produksi iPhone SE
Produk Apple, iPhone SE, kini lebih ramah lingkungan. (foto; dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple Inc mengumumkan pada Kamis, 24 Maret  bahwa mereka akan membeli aluminium bebas karbon ukuran industri pertama, untuk digunakan di produk murah mereka, iPhone SE. Upaya ini dilakukan pembuat ponsel asal AS itu untuk mengurangi jejak karbon dari logam yang banyak digunakan di casing produk smartphone itu.

Rincian tentang ukuran atau biaya pembelian aluminium bebas karbon  itu sendiri belum diungkapkan. Namun ini menjadi sebuah langkah baru bagi industri ponsel untuk menjadi produk yang lebih ramah lingkungan.

Pembuat iPhone ini juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan logam padat karbon yang mengeluarkan gas rumah kaca langsung dari proses peleburan. Logam padat yang digunakan untuk membuat ponsel selama ini telah meningkatkan pertentangan pendapat antara konsumen, aktivis dan investor karena dampak lingkungan yang ditimbulkannya.

Sebelumnya, Apple pertama kali membeli sejumlah kecil logam buatan laboratorium pada tahun 2019 dari Elysis, perusahaan berbasis di Montreal. Ini adalah perusahaan patungan antara dua pemasok aluminium terbesar di dunia - Alcoa Corp dan Rio Tinto. Mereka juga telah menggunakan logam tersebut di MacBook Pro 16-inci-nya.

Elysis awalnya berencana untuk mengkomersialkan teknologinya, yang menggunakan anoda keramik untuk membuat aluminium dan hanya memancarkan oksigen saat didaur ulang, pada tahun 2024.