Bagikan:

JAKARTA - Layanan wisata luar angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos telah menunda penerbangannya hingga 29 Maret. Semula penerbangan mereka  awalnya ditetapkan untuk dilakukan minggu depan.

Menurut keterangan pihak Blue Origin, pada Kamis, 17 Maret, dalam penerbangan kali ini komika "Saturday Night Live" Pete Davidson batal menjadi penumpang pada peluncuran tersebut,

Perusahaan tersebut, dalam pemberitahuan singkat yang pertama kali diposting di Twitter, tidak memberikan penjelasan langsung tentang perubahan atau penarikan Davidson dari manifest penerbangan komersial keempat Blue Origin, sejak musim panas lalu.

Padahal nama Davidson (28), pacar bintang reality TV dan sosialita Kim Kardashian, namanya baru saja secara resmi disebut sebagai "tamu kehormatan" pada  Senin, 14 Maret.  Ia akan bergabung dengan penerbangan Blue Origin  yang membawa lima pelanggan yang membayar dalam penerbangan yang awalnya dijadwalkan untuk terbang  pada 23 Maret.

Fakta bahwa "Davidson tidak lagi dapat bergabung" dengan penerbangan baru ini, maka Blue Origin mengatakan akan mengumumkan anggota awak keenam, pengganti Davidson,  dalam beberapa hari mendatang.

Lima orang yang sudah pasti bergabung dalam misi itu adalah  angel investor Marty Allen; veteran real estate Marc Hagle dan istrinya Sharon Hagle; Profesor Jim Kitchen dari Universitas North Carolina dan George Nield, pendiri-presiden Commercial Space Technologies.

Seperti tiga kelompok pertama penumpang Blue Origin, mereka akan naik ke tepian luar angkasa, dengan pesawat ruang angkasa otonom setinggi enam lantai yang disebut New Shepard. Pesawat ini  akan lepas landas dari lokasi peluncuran Blue Origin di dekat kota pedesaan di Texas barat, Van Horn.

Joyride suborbital, yang berlangsung sekitar 10 menit dari lepas landas hingga mendarat, akan naik ke ketinggian sekitar 350.000 kaki (106 km). Di ketinggian itu penumpang akan mengalami keadaan tanpa bobot selama beberapa saat, sebelum akhirnya turun kembali ke Bumi untuk pendaratan parasut.

Bezos, miliarder pendiri raksasa ritel online Amazon ikut serta dalam penerbangan awak perdana Blue Origin ke luar angkasa Juli lalu.

Dia ditemani saudara laki-lakinya, Mark Bezos, penerbang wanita tertia Wally Funk dan lulusan sekolah menengah Belanda berusia 18 tahun.

Penumpang selanjutnya dalam misi Blue Origin adalah  aktor "Star Trek" berusia 90 tahun William Shatner. Ia  menjadi orang tertua yang terbang ke luar angkasa. Ada pula  pembawa acara "Good Morning America" ​​Michael Strahan, dan putri tertua astronot perintis Alan Shepard, yang namanya diabadikan menjadi nama pesawat ruang angkasa milik Blue Origin itu.