PayPal Ubah Layanan di Ukraina, Pengguna Bisa Terima Transfer Uang dari Kartu Kredit
PayPal. ubah layanannya di Ukraina. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – PayPal Holdings Inc pada Kamis, 17 Maret, telah  memperluas layanannya guna memungkinkan warga dan pengungsi Ukraina untuk menerima pembayaran dari luar negeri. Ini adalah sebuah langkah yang disebut seorang pejabat senior Ukraina sebagai bantuan besar ketika pasukan Rusia terus menyerang negara itu.

Kepala Eksekutif PayPal, Dan Schulman, mengatakan kepada Wakil Perdana Menteri, Mykhailo Fedorov, dalam sebuah surat bahwa warga Ukraina juga dapat mentransfer dana dari rekening PayPal mereka ke kartu kredit dan debit yang memenuhi syarat. Perusahaan telah membebaskan biaya atas transaksi tersebut hingga 30 Juni.

Lebih dari 3 juta warga Ukraina telah meninggalkan negara itu sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari.

Langkah PayPal akan memungkinkan pengungsi dan warga Ukraina untuk menerima dana dari teman dan anggota keluarga di Amerika Serikat dan di tempat lain. PayPal juga dapat digunakan untuk mentransfer pembayaran sosial oleh pemerintah di masa depan, menurut Vladyslav Rashkovan, direktur eksekutif alternatif Ukraina di Dana Moneter Internasional. .

"Itu membuat perbedaan besar bagi orang-orang," kata Rashkovan kepada Reuters. Ia  memuji keterlibatan pribadi Schulman dalam mencapai perubahan hanya dalam dua minggu ini.

Rashkovan mengatakan dia berbicara dengan beberapa orang Ukraina di jalan, di luar kantornya, tentang kemampuan baru  tersebut. Mereka pun segera membuka rekening di PayPal.com/ua/home untuk mengirim uang kepada kerabat mereka. Pejabat Ukraina sebenarnya telah mendorong perluasan layanan ini sejak 2015, setelah Rusia mencaplok wilayah Krimea.

PayPal mengatakan akan mulai menyediakan layanan yang diperluas pada Kamis lalu, yang memungkinkan pelanggan dapat mengirim dan menerima dana dari Dompet PayPal Ukraina mereka dalam dolar AS, dolar Kanada, pound Inggris, dan euro.

Setelah pelanggan mentransfer dana dari Dompet PayPal mereka ke kartu debit atau kredit Visa atau MasterCard yang memenuhi syarat, maka uang akan tersedia dalam mata uang yang terkait dengan kartu tersebut.

Sementara PayPal membebaskan biayanya selama beberapa minggu, ia mencatat nilai tukar dan biaya yang dibebankan oleh penerbit kartu pelanggan atau rekening bank mungkin masih berlaku. Sebelumnya, warga Ukraina dapat mengirim uang dari rekening PayPal, tetapi tidak dapat menerima dana.

PayPal awal bulan ini menutup layanannya di Rusia. Mereka bergabung dengan banyak perusahaan keuangan dan teknologi dalam menangguhkan operasi di sana setelah invasi ke Ukraina.