Bagikan:

JAKARTA - LinkedIn baru saja memperluas bisnisnya dengan mengakuisisi Oribi, startup asal Tel Aviv yang bergerak di bidang teknologi pemasaran. Kesepakatan itu akan membuat LinkedIn mendirikan kantor pertamanya di Israel.

Akuisisi ini tentu saja menunjukkan ambisi platform jaringan milik Microsoft itu, memberikan lebih banyak analitik dan wawasan di internet yang lebih luas.

LinkedIn merupakan jaringan sosial untuk orang yang ingin terhubung dengan orang lain di bidang profesional mereka dan mencari pekerjaan dengan lebih dari 810 juta pengguna.

Perusahaan sebenarnya telah memiliki bisnis lama dalam pemasaran dan periklanan di platformnya sendiri. Meski begitu, ketentuan kesepakatan tidak diungkapkan perusahaan, tetapi sebuah sumber mengkonfirmasi bahwa LinkedIn membayar antara 80 juta dolar AS hingga 90 juta dolar AS untuk Oribi.

Menurut data PitchBook, sebagai perusahaan rintisan, Oribi telah mengumpulkan dana di bawah 28 juta dolar AS dari investor yang mencakup Sequoia, TLV Mitra, Ibex, dan lainnya, termasuk mengambil sedikit dana dari Google sebagai bagian dari akselerator lokal yang dijalankan oleh raksasa mesin pencarian itu.

Melansir TechCrunch, Selasa, 1 Maret, kesepakatan ini benar-benar cukup menarik, dan merupakan sinyal LinkedIn untuk terus berinvestasi dalam layanan pemasaran dan periklanannya, area yang berkembang pesat bagi perusahaan.

Akuisisi Oribi secara khusus menunjukkan perubahan besar pada apa yang akan dilakukan LinkedIn dalam pemasaran. Misi Oribi adalah untuk mendemokratisasi analisis web. Dengan kata lain, ini mempermudah perusahaan kecil untuk membangun dan menjalankan analitik yang disesuaikan untuk mengukur strategi pemasaran mereka.

Ini adalah akuisisi kedua yang dilakukan LinkedIn dalam beberapa tahun terakhir untuk memperluas bagian bisnis tersebut, yang lainnya adalah mengakuisisi Drawbridge pada 2019.

LinkedIn belum menentukan berapa banyak karyawan dari Oribi yang bergabung kecuali beberapa anggota tim Oribi, termasuk pendiri dan pengusaha veteran, Iris Shoor, diharapkan untuk bergabung dengan perusahaan yang lebih besar dan bekerja di kantor LinkedIn Tel Aviv yang baru.