Konten Kreator Kini Bisa Andalkan Twitch Sebagai Sumber Pendapatan Baru, Ini Caranya!
Twitch kembali menggaet konten kreator untuk mendapatkan pendapatan.(foto: dok. Twitch)

Bagikan:

JAKARTA - Twitch kembali menggaet konten kreator untuk mendapatkan pendapatan yang bisa diandalkan pada platform streaming-nya tersebut, melalui Program Insentif Iklan atau AIP.

AIP adalah program baru yang akan membayar streamer terpilih sejumlah pendapatan iklan minimum bulanan yang dijamin. Streamer afiliasi atau mitra yang memenuhi syarat akan menerima pemberitahuan dari Twitch yang menawarkan pembayaran berbeda berdasarkan jumlah iklan yang dijalankan per jam dan total jam streaming.

Jika seorang kreator melakukan streaming setidaknya selama 40 jam pada bulan itu, mereka dapat menerima 100 dolar AS untuk menjalankan dua menit iklan per jam, 300 dolar AS selama tiga menit, atau 500 dolar AS selama empat menit.

Selain itu, AIP juga dilengkapi dengan fitur manajemen iklan yang mengontrol kapan iklan diputar selama streaming sehingga mengurangi gangguan pada penonton.

Twitch mengatakan jumlah yang ditawarkan akan bervariasi menurut pembuatnya dan tidak ada batasan pada potensi pendapatan yang diperoleh.

Kreator dapat menerima pendapatan tambahan dengan tarif normal untuk streaming di luar jumlah jam minimum yang disyaratkan. Jika konten kreator memilih keluar dari program, Twitch mengatakan mereka dapat menerima pembayaran prorata berdasarkan jumlah jam streaming.

"Memiliki pendapatan iklan minimum yang andal akan memungkinkan Anda untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik, apa pun bentuknya. Kami berharap ini adalah langkah penting untuk memberdayakan kreator," ujar Twitch seperti dikutip dari The Verge, Kamis, 24 Februari.

Sepertinya, AIP merupakan semacam program pendapatan dasar universal untuk streamer. Pendapatan yang tidak dapat diandalkan adalah salah satu masalah terbesar bagi konten kreator.

Sementara, pendapatan dari donasi dan langganan dapat sangat berfluktuasi dari bulan ke bulan, menciptakan lingkungan yang berbahaya bagi orang-orang yang bergantung pada platform tersebut.