Bocoran Mark Gurman, Apple  Bersiap Luncurkan Mac Baru dengan Chip M2 yang Lebih Bertenaga
Mark Gurman prediksinya tentang produk Apple selalu ditunggu. (foto: twitter @markgurman)

Bagikan:

JAKARTA  - Apple dilaporkan bersiap-siap untuk merilis beberapa Mac baru dengan chip M2 akhir tahun ini. Laporan ini dikeluarkan oleh buletin Power On yang ditulis oleh reporter Bloomberg Mark Gurman. Gurman menyatakan Apple berharap memulai debut MacBook Pro 13 inci, Mac Mini, iMac 24 inci, dan MacBook Air yang didesain ulang, semuanya dilengkapi dengan chip M2.

Apple belum memberikan petunjuk tentang potensi chip M2, tetapi Gurman berpikir CPU-nya akan sedikit lebih cepat daripada M1, dan itu akan berbagi arsitektur delapan inti yang sama. Inti grafisnya,  dapat melompat dari tujuh atau delapan menjadi sembilan atau 10. Pada tahun 2023, Gurman memperkirakan Apple dapat merilis versi Pro dan Max dari chip M2, seperti yang terjadi pada chip M1, serta mengumumkan chip M3 .

Sudah lebih dari setahun sejak Apple pertama kali mengumumkan chip M1 secara internal pada November 2020, dan beberapa bulan sejak debut M1 Pro dan M1 Max. Apple terus menjauhkan diri dari silikon Intel, ia memiliki beberapa Mac lain yang mungkin dimaksudkan untuk mendorong perangkat bertenaga Intel yang tersisa dari jajarannya.

Menurut laporan The Verge, Gurman mengharapkan iMac Pro yang lebih besar dengan opsi chip M1 Pro dan M1 Max untuk menggantikan iMac Pro 27 inci, bersama dengan Mac Pro yang lebih kecil yang hadir “setara dengan dua atau empat chip M1 Max.” Untuk Mac Mini yang sudah dilengkapi dengan chip M1, Gurman mengharapkannya untuk mendapatkan opsi M1 Pro yang ditingkatkan (selain variasi M2).

Sejauh timeline berjalan, Gurman mengatakan Apple akan merilis Mac baru pada bulan Maret, dan kemudian meluncurkan lagi pada bulan Mei atau Juni. Apple sudah diperkirakan akan mengungkapkan iPhone SE 5G, iPad Air 5G, dan kemungkinan satu Mac baru pada 8 Maret.

Jadwal tersebut juga diatur untuk meluncurkan iOS 15.4, yang dilengkapi dengan Face ID ramah-masker, pada bulan Maret juga. Sementara iPhone 14 dan Apple Watch Series 8 tidak akan diluncurkan sampai akhir tahun ini.