SOL Luncurkan Layanan Pembayaran Sendiri, Namanya Solana Pay
Solana luncurkan layanan pembayaran Solana Pay. (Fintecfi)

Bagikan:

JAKARTA – Kripto Solana (SOL) meluncurkan layanan pembayarannya bernama Solana Pay yang dibangun di atas blockchain Solana sendiri. Solana Pay merupakan infrastruktur pembayaran peer-to-peer yang dirancang untuk memungkinkan pasar global termasuk pedagang online dan pemilik ritel.

Melalui Solana Pay, para pedagang online bakal bisa menerima dan menyelesaikan transaksi pembayaran dalam aset digital secara lengkap. Layana pembayaran tersebut sudah menjalin kerja sama dengan Solana Labs, Checkout.com, Circle dan Citcon. Selain itu, Solana Pay bakal terintegrasi dengan dompet digital Phantom dan FTX sebagaimana dilansir dari Cointelegraph.

Pihak Solana Pay sendiri mengkaim bahwa mereka merasakan “kasus penggunaan paling umum dengan mata uang dolar digital” seperti stablecoin USDC Circle, namun layanan juga memungkinkan pembayaran dengan aset kripto SOL, FTX, SRM Serum, dan lain-lain.

Solana Pay dibangun di atas jaringan Solana yang dikenal dengan kecepatan transaksi dan biaya yang sangat murah. Blockchain Solana diluncurkan pada 2019 dan popularitasnya langsung meroket karena menawarkan alternatif pembayaran kripto dengan biaya transaksi yang rendah. Selain itu Solana juga meluncurkan marketplace NFT sendiri, Solsea.io.

Selain itu, pihak Solana Labs melalu Sheraz Shere yang sebelumnya menggarap pembuatan Google Wallet menyatakan bahwa dirinya mendukung pertumbuhan ekosistem Solana yang lebih luas sepanjang tahun 2022. Sheraz mengatakan bahwa Solana Pay akan “mentransformasi ekosistem pembayaran di seluruh perdagangan fisik dan online.”