Gim Tebak Kata Paling Fenomenal, Wordle Diakuisisi oleh The New York Times
Gim Wordle (Foto: Dok. Wordle)

Bagikan:

JAKARTA - The New York Times (NYT) Games secara mengejutkan membeli gim Wordle, permainan populer yang memberi pemain enam peluang untuk menebak kata lima huruf setiap hari.

Dengan akuisisi ini, NYT bakal menambahkan gim teka-teki ke portofolio permainan kata mereka seperti The Crossword, The Mini dan Spelling Bee. Diketahui, pada Desember 2021, NYT telah memiliki lebih dari satu juta langganan pada divisi Games-nya.

"NYT tetap fokus untuk menjadi langganan penting bagi setiap orang berbahasa Inggris yang ingin memahami dan terlibat dengan dunia. NYT Games adalah bagian penting dari strategi itu. Wordle sekarang akan berperan dalam pengalaman sehari-hari itu, memberi jutaan lebih banyak orang di seluruh dunia alasan lain untuk beralih ke NYT untuk memenuhi berita harian dan kebutuhan hidup mereka," ungkap pengumuman akuisisi itu.

Belakangan, Wordle sangat populer di sebagian negara. Ini adalah gim menebak kata berbasis browser dengan jutaan pemain setiap hari. Tidak ada aplikasi untuk diunduh.

Jika ingin mencobanya, cukup mengunjungi situs webnya dan mulai bermain secara gratis. Gim ini memiliki premis sederhana, pengguna hanya memiliki enam peluang untuk menebak kata lima huruf, dan setiap hari halaman web diperbarui dengan kata baru untuk ditebak. Kata itu sama untuk semua pemain di seluruh dunia.

Mengutip CNN Internasional, Selasa, 1 Februari, Wordle, dibeli dengan harga yang digambarkan NYT sebagai dalam tujuh angka terendah. Setelah akuisisi ini, awalnya gim akan tetap gratis untuk pemain baru dan yang sudah ada.

"Kami tidak memiliki rencana untuk masa depan gim ini. Saat ini, kami fokus untuk menciptakan nilai tambah bagi audiens kami yang sudah ada, sambil juga memperkenalkan gim kami yang sudah ada kepada semua audiens baru yang telah menunjukkan kecintaan mereka pada permainan kata," ujar Direktur Eksekutif di NYT, Jordan Cohen.

Siapa yang Membuat Wordle?

Adalah Josh Wardle, seorang insinyur perangkat lunak yang berbasis di Brooklyn, AS. Dia gemar menjelajah Reddit sehingga merilis gim tersebut pada Oktober 2021 di sana, dan dengan cepat menjadi fenomenal. Jutaan orang sekarang bermain Wordle setiap hari.

"Saya berbohong jika saya mengatakan ini tidak sedikit berlebihan. Bagaimanapun, saya hanya satu orang, dan penting bagi saya bahwa, seiring berkembangnya Wordle, Wordle terus memberikan pengalaman yang luar biasa bagi semua orang," kata Wardle dalam unggahan di Twitter-nya.

Setelah akuisisi ini, baik NYT maupun Wordle mereka ingin menghibur lebih banyak pemecah teka-teki setiap hari, terutama selama masa-masa cemas ini.