Pengguna iPhone 5S Tak Bisa Lagi Main Gim Pokemon Go
Ilustrasi gim Pokemon Go (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Niantic, selaku pengembang gim Pokemon Go mengumumkan kabar kurang mengenakkan untuk pemainnya. Sebab gim populer ini rencananya tak akan lagi memberikan dukungan pada ponsel dan iPhone jadul. 

Ponsel Android dan iPhone jadul yang dimaksud di sini adalah ponsel dengan OS Android versi 5.0 Lollipop ke bawah. Sedangkan iPhone dengan iOS 11 ke bawah.

Niantik melalui akun Twitter resminya, juga menyebutkan kalau iPhone 5S dan iPhone 6 bakal tak bisa dipakai bermain Pokemon Go setelah pembaruan gim pada bulan Oktober. Lantaran kapasitas RAM yang dipergunakan di bawah spesifikasi minimal. 

"iPhone 5S dan 6 hanya mempunyai RAM 1GB, dan kami tak mau menahan pengembangan dan implementasi fitur untuk mayoritas gamer lain yang punya ponsel lebih kencang," tulis Niantic dalam pernyataannya, dikutip dari The Verge, Rabu, 3 September.

Pokemon Go memang tak bisa dibilang sebagai game berat, namun ia memanfaatkan banyak fitur di ponsel seperti kamera, GPS, dan lainnya -- seperti animasi 3D -- yang bakal menyedot daya baterai sangat besar, utamanya ponsel jadul yang kapasitas baterainya sudah menurun.

Niantic sendiri yakin kalau hilangnya dukungan ini hanya berdampak kecil pada jumlah gamer Pokemon Go. Namun mereka tak menampik akan tetap kehilangan gamer yang tak mau -- atau tak bisa -- mengganti ponselnya.

Meski tergolong game jadul, Pokemon Go tetaplah game yang populer. Pokemon Go menghadirkan permainan yang menggabungkan augmented reality dengan dunia nyata, ditambah banyaknya karakter Pokemon yang siap untuk dikumpulkan.