Apple Perbaiki Masalah Keamanan Safari Lewat Pembaruan iOS dan iPadOS 15.3
Apple baru saja merilis pembaruan iOS 15.3 iPadOS 15.3 yang dikemas dengan perbaikan bug dan peningkatan kinerja. (foto : dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja merilis pembaruan iOS 15.3 iPadOS 15.3 yang dikemas dengan perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Tidak ada fitur baru di sini, tetapi pembaruan ini sangat berguna bagi data pribadi pengguna.

Sistem operasi anyar ini datang dengan perbaikan keamanan penting untuk menambal cacat pada browser Safari yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan publik.

Menurut laporan yang diunggah di WebKit Bug Tracker oleh FingerprintJS, aplikasi browser Safari ternyata memiliki kerentanan di dalamnya yang bisa mengekspos riwayat penelusuran dan informasi pribadi pengguna.

Bug yang diperkenalkan di Safari 15 itu berasal dari Indexed Database API yang merupakan bagian dari WebKit Apple. API digunakan untuk menyimpan data pada situs web yang telah dikunjungi pengguna sehingga dapat dimuat lebih cepat saat mereka kembali.

IndexedDB harus menghentikan data dari satu sumber agar tidak berinteraksi dengan data dari sumber lain. Namun, dengan adanya bug, berarti itu tidak terjadi.

Melansir The Verge, Kamis, 27 Januari, dengan hadirnya perbaikan cepat Apple ini akan berguna untuk pengguna iOS dan iPadOS, karena, tidak seperti macOS, pengguna tidak bisa begitu saja beralih ke browser lain di iOS untuk menghindari kelemahan keamanan.

Apple memang mengizinkan browser pihak ketiga di iOS, tetapi semuanya harus menggunakan mesin rendering Safari yang sama.

Tampaknya, iOS 15.3 tidak menyertakan fitur tambahan. Apple terakhir memperbarui iOS dengan versi 15.2 yang mencakup peningkatan untuk mode makro iPhone 13 Pro, paket voice-only senilai 4,99 dolar AS untuk Apple Music, program Digital Legacy, dan Laporan Privasi Aplikasi Apple.

Untuk mengunduh pembaruan tersebut, Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini ya.

1. Pastikan Anda memiliki baterai di atas 50 persen atau lebih di iPhone dan iPad Anda. Jika tidak, maka isi daya lah ponsel Anda.

2. Sambungkan ke Wi-Fi, atau jika Anda memiliki sinyal yang cukup kencang bisa gunakan data seluler. Namun perlu diingat bahwa ini akan membebani paket data Anda.

3. Setelah baterai dan prasyarat Wi-Fi telah diikuti, buna Pengaturan.

4. Sekarang ketuk Umum lalu buka Pembaruan Perangkat Lunak.

5. Biarkan halaman dimuat sebentar dan pembaruan akan muncul. Ketuk Unduh dan Instal dan perangkat Anda akan meminta pembaruan dari Apple dan akhirnya akan diinstal.