Nvidia Uji Nyali! Kembalikan Gim Fortnite ke iOS Apple
Nvidia membawa gim milik Epic Games, Fortnite ke iOS. (foto: fortnite)

Bagikan:

JAKARTA - Nvidia melakukan tantangan berat dengan membawa gim milik Epic Games, Fortnite ke iOS. Meski begitu, gim ini masih dalam bentuk beta tertutup melalui Nvidia GeForce Now.

Namun, ini bukan pengembalian penuh ke App Store, melainkan gamer hanya dapat mengakses gim tersebut melalui GeForce Now, layanan streaming gim Nvidia, yang dimainkan melalui browser dengan kontrol berbasis sentuhan.

Fortnite dicabut dari App Store pada Agustus 2020 karena menggunakan layanan pembayaran alternatif selain milik Apple, dan tentu saja itu melanggar kebijakan perusahaan.

Untuk memainkan gim tersebut, para gamer harus lebih dahulu memerlukan akun Nvidia GeForce Now untuk mencoba versi beta sendiri, tetapi tidak perlu berlangganan.

Sayangnya, karena gim ini masih dalam versi beta tertutup, akses pengguna tanpa undangan masih terbatas. Nvidia akan mengizinkan beberapa gamer ke dalam versi beta selama beberapa minggu mendatang. Perusahaan mengatakan Fortnite beta akan menjadi yang pertama dari banyak gim sentuh di layanan ini.

"Kami sedang bekerja dengan penerbit tambahan untuk menambahkan lebih banyak game yang mendukung sentuhan ke GeForce Now. Nantikan lebih banyak penerbit yang mengalirkan versi PC lengkap dari gim mereka ke perangkat seluler dengan dukungan sentuh bawaan, menjangkau jutaan orang melalui aplikasi Android dan perangkat Safari iOS," ujar Nvidia dalam keterangan resminya.

Melansir Tom's Hardware, Jumat, 14 Januari, untuk streaming gim di iOS, Nvidia tidak bisa meletakkan aplikasinya sendiri di App Store. Nvidia, bersama dengan Google Stadia, Amazon Luna dan Microsoft xCloud, harus melakukan streaming gim melalui browser Safari.

Jika tidak, pedoman Apple menyatakan bahwa untuk memiliki gim streaming melalui App store, setiap gim harus dikirimkan satu per satu untuk ditinjau. Tetapi, tentu saja, selalu ada aplikasi Internet dan browser web yang terbuka untuk menjangkau semua pengguna di luar App Store.

Tidak hanya hadir di iOS, Nvidia juga membawa GeForce Now-nya ke versi Android dengan mengaksesnya versi desktop. Versi seluler Fortnite juga dihapus dari Play Store pada Agustus 2020 karena melanggar kebijakan Google.

Saat ini, GeForce Now adalah satu-satunya layanan streaming gim di mana pemain dapat menemukan Fortnite, dan hanya dalam versi beta. Belum diketahui pasti kapan secara luas atau versi final tersedia di GeForce Now untuk iOS dan Android.