Bank Sentral Swiss Sukses Uji Coba Mata Uang Digital dalam Project Helvetia
Swiss National Bank uji coba CDBC untuk ritel. (foto: snb.ch)

Bagikan:

JAKARTA – Bank sentral Swiss telah berhasil menggunakan mata uang digital untuk menyelesaikan transaksi yang melibatkan lima bank komersial. Hal ini diungkapkan oleh Swiss National Bank pada hari Kamis, 13 Januari dalam uji coba teknologi terbaru di pasar grosir.

Uji coba, yang disebut Project Helvetia, dapat membawa pengenalan mata uang digital bank sentral selangkah lebih dekat di Swiss. Negara ini dikenal sebagai negara yang telah melakukan beberapa eksperimen mata uang digital bank sentral (CBDC) paling canggih di Eropa.

Bank sentral di seluruh dunia saat ini juga telah meningkatkan usahanya mewujudkan CBDC, sebagian untuk membuat sistem pembayaran yang ada lebih efisien dan untuk melawan tantangan dari mata uang kripto. Bank sentral di banyak negara melakukan penelitian yang berfokus pada versi CBDC untuk penggunaan grosir atau eceran.

Di bawah Helvetia, dinamai sesuai simbol Swiss, SNB mengintegrasikan CBDC ke dalam sistem pembayaran dan menggunakannya dalam simulasi transaksi dalam eksperimen yang melibatkan bank besar seperti UBS, Credit Suisse,  Goldman Sachs, Citigroup dan Hypothekarbank Lenzburg.

Skema tersebut menunjukkan bahwa pembayaran dapat dilakukan secara instan, yang ukurannya berkisar dari 100.000 hingga 5 juta franc Swiss (Rp 1,5 miliar hingga Rp 78,5 miliar), yang menghilangkan risiko pihak lawan.

"Kami telah menunjukkan bahwa inovasi dapat dimanfaatkan untuk melestarikan elemen terbaik dari sistem keuangan saat ini, termasuk penyelesaian dalam uang bank sentral, sementara juga berpotensi membuka manfaat baru," kata Benoit Coeuré, kepala Inovasi Bank for International Settlements (BIS) seperti dikutip Reuters.

Proyek tersebut, yang berlangsung selama tiga hari menjelang akhir tahun 2021, juga melibatkan operator bursa saham Swiss SIX, penyedia utama layanan infrastruktur keuangan Swiss.

Ini melibatkan penerbitan dan penebusan CBDC grosir serta menggunakannya untuk pembayaran dan untuk penyelesaian pembelian sekuritas di Swiss serta transaksi lintas batas.

Ini mengikuti eksperimen sebelumnya yang dilakukan oleh SNB, BIS dan SIX ke dalam penggunaan mata uang digital.

Sementara CBDC ritel akan digunakan oleh rumah tangga dan bisnis untuk transaksi sehari-hari, versi grosir dapat digunakan untuk melakukan pembayaran skala besar antara bank atau entitas lain dengan rekening bank sentral.

Pendukung proyek ini mengatakan CBDC grosir juga bisa membuat penyelesaian perdagangan sekuritas - yang bisa memakan waktu berhari-hari, dengan beberapa pihak yang terlibat – jadi diklaim lebih efisien.

CBDC dapat diprogram dengan instruksi untuk memberikan keamanan secara instan setelah menerima uang digital.

Sementara bank sentral di Hong Kong, Thailand dan Uni Emirat Arab, serta Singapura, juga telah melihat penggunaan CBDC untuk pembayaran lintas batas grosir, hanya sedikit yang meneliti secara rinci bagaimana CBDC akan diintegrasikan dengan pemberi pinjaman komersial.

Kelompok yang terlibat dalam Helvetia sekarang akan menilai hasil sebelum memutuskan langkah selanjutnya.