Snapchat Bawa Empat Fitur Baru, Berikan Penyegaran Pada Aplikasinya
Fitur Baru Snapchat pada awal tahun 2022. (foto: Dok. Snapchat)

Bagikan:

JAKARTA - Masih dalam suasana tahun baru, Snapchat telah menghadirkan banyak fitur anyar termasuk stiker polling, balasan obrolan individu dalam diskusi grup dan menggunakan Bitmoji untuk membalas pesan.

Dalam beberapa hari mendatang, pengguna Android dan iOS akan dapat menggunakan berbagai fitur baru Snapchat ini. Apa saja keunikan fitur tersebut? Simak di bawah ini ya.

  1. Stiker Polling seperti Milik Instagram

Dalam deretan fitur anyar itu, terdapat Stiker Poll, di mana pengguna dapat membuat polling kemudian dibagikan di Snaps dan Stories. Stiker jajak pendapat baru ini menyediakan cara yang menyenangkan untuk mengukur tanggapan teman terhadap pertanyaan apa pun yang pengguna pilih.

“Polling visual kami bekerja di iOS dan Android, sehingga semua teman Anda dapat mempertimbangkan dan menunjukkan pemikiran mereka. Selain itu, Jajak Pendapat kami dirancang dengan mempertimbangkan transparansi, Anda dapat melihat bagaimana teman Anda memberikan suara untuk membantu memastikan tanggapan tetap bijaksana dan ramah," ungkap Snapchat.

Stiker polling ini mirip dengan fitur yang disematkan pada Stories milik Instagram beberapa waktu lalu. Tetapi perbedaannya terletak pada penggunaan emoji untuk Snapchat, sedangkan Instagram terbagi dua kotak yang mana pengguna dapat mengisinya dengan pertanyaan pilihan. Stiker polling baru Snapchat sekarang tersedia di folder stiker di aplikasi.

  1. Hindari Obrolan Mengganggu di Grup

Melansir Social Media Today, Kamis, 13 Januari, Snapchat juga menambahkan opsi baru untuk membalas pesan individual kepada pengguna di dalam obrolan grup yang sedang berlangsung, memungkinkan mereka untuk secara khusus membalas komentar apa pun dengan utas obrolan terpisah.

Fungsionalitasnya mirip seperti obrolan grup di Messenger dan WhatsApp, mengingat Meta telah menambahkan fungsi yang sama pada tahun 2019 di Messenger. Opsi ini akan memudahkan untuk memastikan pesan dipahami, sekaligus memberikan lebih banyak konteks kepada semua anggota obrolan grup.

Untuk menggunakan opsi balasan individual, pengguna sekarang dapat menahan pesan dalam obrolan di grup lalu ketuk Balas.

  1. Gunakan Bitmoji Agar Obrolan Menjadi Seru

Snap juga meluncurkan Bitmoji Reactions, yang mirip dengan opsi reaksi di aplikasi media sosial lainnya, tetapi dengan menggunakan karakter Bitmoji, pengguna bisa memberikan sentuhan yang lebih pribadi.

Dalam sebuah obrolan, pengguna sekarang dapat memilih salah satu dari tujuh reaksi Bitmoji, menyediakan cara cepat untuk menanggapi pesan dengan penggunaan Bitmoji. Ada tujuh opsi untuk dipilih, termasuk jempol ke atas, jempol ke bawah, hati, nyala api, dan air mata kebahagiaan.

  1. Video Call dengan Menggunakan Filter

Akhirnya, Snapchat memperbarui antarmuka panggilan video dan audionya untuk membuat percakapan langsung lebih menyenangkan. Pengguna dapat menggunakan fitur Lenses dalam panggilan video, dikenal dengan elemen atau filter opsi panggilan video Snap.

Menariknya, pengguna juga dapat melihat siapa yang ada di panggilan grup sebelum dia bergabung. Dengan meluncurnya empat fitur anyar ini, akan membantu Snap meningkatkan keterlibatan dan interaksi dalam obrolan grup serta opsi panggilan. Semua fitur anyar ini sekarang tersedia di versi terbaru aplikasi.