China Berencana Tingkatkan Ekonomi Digital dengan Adopsi Teknologi 6G dan Pusat Data Besar
Ghina ingin terus tingkatkan kemampuan ekonomi digital. (foto: dok pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kabinet pemerintah Komunis China mengeluarkan rencana pada Rabu, 12 Januari untuk pengembangan ekonomi digital negara itu. Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan bagian sektor digital dari PDB nasional dengan mendorong teknologi seperti 6G dan pusat data besar.

Dewan Negara menetapkan beberapa target untuk tahun 2025, yaitu peningkatan pangsa ekonomi digital terhadap PDB nasional dari 7,8% pada tahun 2020 menjadi 10% pada tahun 2025.

Target lainnya antara lain percepatan pembangunan big data center dan peningkatan jumlah pengguna gigabit broadband, kecepatan koneksi tercepat yang ada, dari 6,4 juta di tahun 2020 menjadi 60 juta di tahun 2025.

Dewan Negara juga menunjukkan masalah struktural dalam ekonomi digital China yang perlu ditangani secara lebih serius.

“Perkembangan ekonomi digital China juga menghadapi beberapa masalah dan tantangan: kurangnya kapasitas inovasi di bidang-bidang utama...sumber daya data sangat besar, tetapi potensinya belum sepenuhnya dirilis; sistem tata kelola ekonomi digital perlu lebih ditingkatkan sesuai rencana..,” kata sumber di Dewan Negara seperti dikutip Reuters.