Bagikan:

JAKARTA - Platform video game A.S. Roblox Corp., telah menghapus aplikasi China-nya yang memimpin upaya ekspansi ke negara itu, mengatakan kepada Reuters bahwa itu adalah bagian dari "sejumlah tindakan sementara yang penting" saat membangun versi berikutnya.

Aplikasi LuoBuLesi, yang diluncurkan Roblox pada bulan Juli dalam kemitraan dengan afiliasi Tencent Holdings, ditutup pada 8 Desember, menghilang dari toko aplikasi daratan. Aplikasi ini sekarang menampilkan pesan kepada pengguna yang berterima kasih kepada mereka karena menggunakan versi pengujian saat mereka masuk.

Pentingnya aplikasi untuk ekspansi Roblox di China secara mencolok dibahas dalam prospektus perusahaan untuk daftar bursa saham New York pada bulan Maret, yang melihat platform game bernilai hampir 30 miliar dolar AS.

Seorang juru bicara Roblox mengatakan kepada Reuters pada Kamis malam, 6 Januari, bahwa langkah itu diperlukan karena membangun "versi LuoBuLeSi berikutnya", tetapi tidak mengatakan kapan aplikasi itu akan kembali.

"Kami selalu tahu bahwa membangun platform yang menarik di China adalah proses berulang, dan kami berterima kasih atas dukungan pengguna LuoBuLeSi dan komunitas pengembang global kami," kata juru bicara Roblox.

"Sangat penting bahwa kami sekarang melakukan investasi yang diperlukan, termasuk investasi dalam arsitektur data kami, untuk mewujudkan visi jangka panjang kami."

Tencent tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Platform Roblox dikenal dengan teknologi dunia mayanya, yang sekarang dikenal sebagai "metaverse". Platform LuoBuLeSi terpisah dari versi global Roblox dan memungkinkan pengguna untuk membuat dan bermain game, serta bergabung dengan 'acara' virtual.

Beberapa pengguna mengeluh di media sosial bahwa mereka tidak menyadari bahwa itu adalah versi percobaan. Aplikasi ini telah diunduh 1,7 juta kali menurut Sensor Tower, sebuah perusahaan analisis data.

LuoBuLeSi mendapatkan lisensi yang diperlukan untuk beroperasi di China dari regulator pada akhir tahun 2020.