Google Terbukti Melanggar Lima Paten Milik Sonos, Apa Saja?
Google langgar hak paten Sonos. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, perusahaan perangkat pintar, Sonos menggugat Google karena telah melanggar hak paten pada produk speaker pintarnya.

Hasilnya, Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (AS) telah menyetujui klaim Sonos bahwa Google telah melanggar lima hak paten pembicara dan pembuatnya.

Keputusan itu akan berlaku pada Agustus nanti, yang artinya Google akan dilarang dan berhenti mengimpor produk yang menggunakan kekayaan intelektual Sonos. Karena Google memproduksi produknya di China, artinya Google tidak akan bisa lagi mengirimkannya ke AS saat larangan impor tersebut berlaku dalam 60 hari.

Sonos menggugat Google pada tahun 2020 atas lima paten, mencakup satu teknologi yang memungkinkan speaker nirkabel untuk disinkronkan satu sama lain. Produk yang terpengaruh termasuk speaker pintar Google Home, ponsel dan komputer Pixel, serta perangkat Chromecast.

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa raksasa teknologi itu tidak mengharapkan keputusan itu mengganggu kemampuannya untuk mengimpor dan menjual perangkat.

"Meskipun kami tidak setuju dengan keputusan hari ini, kami menghargai bahwa Komisi Perdagangan Internasional telah menyetujui desain kami yang dimodifikasi," kata juru bicara Google seperti dikutip dari Engadget, Jumat, 7 Januari.

"Kami akan mencari tinjauan lebih lanjut dan terus membela diri terhadap klaim sembrono Sonos tentang kemitraan dan kekayaan intelektual kami," imbuhnya.

Komisi Perdagangan AS tidak menentang desain alternatif tersebut dalam keputusan akhirnya, yang berarti Google masih dapat menggunakannya, hanya saja tidak pada teknologinya.

Faktanya, tim Nest baru-baru ini mengumumkan beberapa perubahan, yang paling menonjol adalah, ke depannya, pengguna tidak lagi dapat mengatur volume semua speaker dalam satu grup sekaligus. Mereka harus menyesuaikan setiap pembicara satu per satu.

Dalam sebuah pernyataan, Chief Legal Officer Sonos Eddie Lazarus mengakui bahwa ada kemungkinan, "Google akan dapat menurunkan atau menghilangkan fitur produk dengan cara yang menghindari larangan impor yang telah diberlakukan ITC," ujar Lazarus.

Namun, dia mengatakan produk raksasa teknologi itu masih akan melanggar banyak lusinan paten Sonos, kecuali Google membayar royalti Sonos untuk teknologinya.

Lazarus menghargai bahwa ITC telah secara definitif memvalidasi lima paten Sonos yang dipermasalahkan dalam kasus ini dan memutuskan dengan tegas bahwa Google melanggar kelimanya. Itu adalah kemenangan menyeluruh yang sangat jarang terjadi dalam kasus paten dan menggarisbawahi kekuatan portofolio paten Sonos yang luas.

"Paten Sonos ini mencakup penemuan terobosan Sonos tentang fitur audio rumah yang sangat populer, termasuk pengaturan untuk mengontrol sistem audio rumah, sinkronisasi beberapa speaker, kontrol volume independen dari berbagai speaker, dan pasangan stereo speaker," jelas Lazarus.

"Tetapi meskipun Google mungkin mengorbankan pengalaman konsumen dalam upaya untuk menghindari larangan impor ini, produknya masih akan melanggar banyak paten Sonos, kesalahannya akan tetap ada, dan kerugian yang harus ditanggung Sonos akan terus bertambah. Atau, Google dapat, seperti yang telah dilakukan perusahaan lain membayar royalti yang adil untuk teknologi yang telah disalahgunakannya," tambahnya.