Pesaing Twitter, Truth Social Milik Trump Tersedia di App Store pada 21 Januari
Truth Social milik Donald Trump bisa diunduh pada 21 Januari. (foto: truthsocial.com)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden AS Donald Trump segera meluncurkan aplikasi media sosial, Truth Social, pada 21 Februari. Rencana peluncuran ini sudah dikonfirmasi oleh App Store Apple Inc, Kamis, 6 Januari.

TRUTH Social, media sosial alternatif yang dibangun oleh Trump Media & Technology Group (TMTG) untuk menjadi pesaing Twitter (TWTR.N), akan tersedia untuk pre-order di AS, sebelum ditayangkan resmi pada liburan Hari Presiden AS.

Menurut foto demo dari aplikasi ini, Truth Social sangat mirip dengan Twitter. Seperti dilaporkan oleh Reuters, aplikasi ini menawarkan fitur untuk mengikuti orang lain dan topik yang sedang tren. Pesannya yang setara dengan tweet akan dijuluki sebagai "kebenaran".

Peluncuran aplikasi ini akan dilakukan tepat 13 bulan setelah Facebook dari Meta Platforms Inc dan Twitter melarang Trump menggunakan aplikasi mereka. Trump telah dituduh oleh kedua platform itu karena mendorong para pendukungnya untuk berpartisipasi dalam serangan 6 Januari di Gedung Capitol AS karena membuat klaim tidak berdasar tentang penipuan yang meluas dalam pemilihan presiden AS 2020.

Menandai peringatan satu tahun serangan itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Kamis, 6 Januari bahwa klaim palsu pendahulunya dapat mengurai supremasi hukum dan menumbangkan pemilihan di masa depan.

TMTG dan Apple tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters, tetapi sumber yang mengetahui masalah tersebut mengkonfirmasi bahwa 21 Februari adalah tanggal rencana peluncuran aplikasi tersebut.

Menurut situs web TMGT, peluncuran ini diharapkan menjadi yang pertama dari tiga tahap dalam pengembangan TMTG. Aplikasi yang kedua adalah layanan video-on-demand berlangganan yang disebut TMTG+ yang berisi hiburan, berita, dan podcast. Presentasi kepada investor pada November lalu juga menunjukkan bahwa TMTG juga ingin meluncurkan jaringan podcast.

TMTG yang disebut-sebut bernilai 5,3 miliar dolar AS berdasarkan harga saham Digital World Acquisition Corp, sahamnya langsung yang naik 20% setelah Reuters melaporkan bahwa mereka akan terdaftar aplikasi di App Store. Pada Oktober lalu, TMTG setuju untuk bergabung dengan perusahaan cek kosong, DWOC, dengan penilaian 875 juta dolar AS.

Pendukung Trump dan investor ritel telah mengambil saham Digital World, dan bertaruh bahwa popularitas Trump dengan basis politik Republiknya akan diterjemahkan ke dalam kesuksesan komersial.

Kesepakatan akuisisi ini sebenarnya menghadapi risiko regulasi. Senator Demokrat AS, Elizabeth Warren, meminta Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa, Gary Gensler, bulan lalu untuk menyelidiki merger yang direncanakan yang berpotensi pelanggaran undang-undang sekuritas seputar pengungkapan modal. SEC telah menolak untuk mengomentari apakah mereka merencanakan tindakan apa pun untuk menindaklanjuti laporan itu.

TMTG bulan lalu kembali mengumpulkan tambahan investasi sebesar 1 miliar dolar AS dari investor swasta.

Trump membatalkan konferensi pers di perkebunan Mar-a-Lago di Florida yang telah dijadwalkan pada 6 Januari, menandai peringatan satu tahun serangan Capitol. Sebaliknya, Trump malah akan menyampaikan pidato pada rapat umum di Arizona pada 15 Januari.