Jangan Cuma HODL! Cobain <i>Farming</i> di PancakeSwap, Begini Caranya
Cara staking di pancakeswap (Cryptoticker)

Bagikan:

JAKARTA – Jika Anda jenuh dengan bursa kripto terpusat seperti Binance, Indodax, dan lainnya, mungkin perlu mencoba bermain di DEX atau bursa terdesentralisasi salah satunya adalah PancakeSwap. Pengguna bisa melakukan swap token jaringan BEP-20 dengan cara membuka PancakeSwap di DApps dompet digital TrustWallet.

PancakeSwap merupakan bursa terdesentralisasi (DEX) berbasis Binance Smart Chain yang diluncurkan oleh pengembang anonim. Sebenarnya, PancakeSwap tidak jauh beda dengan DEX di jaringan Ethereum, Sushiswap.

Namun PancakeSwap menghadirkan sejumlah fitur menarik di mana pengguna bisa menghasilkan reward baik itu melalui farming, staking, maupun lotre. Pengguna bisa melakukan swap token BEP-20 di PancakeSwap ini.

Jika pengguna sudah familiar dengan Uniswap maupun SushiSwap, pasti akan mudah memasuki DEX berbasis BSC ini. Pasalnya tampilan dan fitur PancakeSwap terbilang mirip.

Melansir Binance, PancakeSwap menggunakan model automated market maker (AMM) atau pembuat pasar otomatis. Artinya, meskipun Anda dapat memperdagangkan aset digital di platform tersebut, tidak ada book order untuk mencocokkan harga yang Anda tentukan dengan orang lain. Sebagai gantinya, Anda berdagang dengan pool likuiditas.

Singkatnya, Anda dapat berdagang token BEP-20 atau menambahkan likuiditas dan menghasilkan reward. Selain itu banyak juga fitur-fitur yang bisa menghasilkan reward dengan sejumlah cara lain.

PancakeSwap memiliki token tata kelolanya sendiri yakni CAKE. Pengguna bisa melakukan staking maupun farming guna menghasilkan CAKE sebagai reward-nya. Tapi sebelum itu, pengguna dompet digital TrustWallet harus terlebih dulu melakukan deposit BNB untuk membayar biaya transaksi termasuk swap token dari BNB ke CAKE.

Farming di PancakeSwap

Untuk melakukan farming di DEX ini, pengguna harus terlebih dulu menyetor token LP. Sejumlah token pool likuiditas tersebut terdiri dari sejumlah token yakni: LP CAKE – BNB, LP BUSD – BNB, LP BETH – ETH, LP USDT – BUSD, LP USDC – BUSD, LP DAI – BUSD, LP LINK – BUSD, LP TWT – BNB.

Untuk melakukan farming di PancakeSwap, pengguna harus terlebih dulu menyetorkan token LP kemudian mengunci salah satu token di atas pada pool yang tersedia guna menghasilkan token CAKE sebagai reward.

Jadi, Anda menyetor sejumlah dana untuk menerima token LP lalu menggunakannya untuk melakukan farming CAKE. Setelah itu, Anda dapat melakukan staking CAKE dan menghasilkan token lain melalui pool staking spesial.

Cara melakukan farming atau staking di PancakeSwap:

  1. Buka Trust Wallet, pilih DApps
  2. Ketikkan pancakeswap.finance lalu hubungkan wallet Anda
  3. Kemudian pilih menu Earn
  4. Pilih Farms, nanti akan muncul sejumlah pilihan token LP untuk farming
  5. Pilih salah satu token masukkan jumlah token LP yang akan dikunci
  6. Klik Approve Contract
  7. Setelah muncul popup, sistem akan memberitahu Anda biaya transaksi yang akan dikenakan
  8. Klik Ok.

Cara farming atau staking di PancakeSwap (PancakeSwap)

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu dan menekan menun harvest (panen) untuk mengambil reward yang dihasilkan dari aktivitas farming tersebut. Cara ini merupakan cara sederhana untuk menghasilkan kripto tambahan daripada hanya menyimpannya di exchange terpusat.

Selain farming, pengguna juga bisa mengikuti undian untuk mencoba menguji keberuntungan Anda di menu Win, lalu masuk ke submenu Lottery. Untuk mengikuti lotre ini, pengguna akan dikenakan biaya 10 CAKE. Setelah itu Anda akan mendapatkan kombinasi angka empat digit dalam urutan acak. Jika nomor yang Anda dapatkan cocok dengan keempat angka dalm posisi sama, maka pengguna bisa memenangkan jackpot sekitar 50 perse dari seluruh pool lotre.

Selain itu ada pula undian dengan reward NFT di menu NFT. Sebelum mengikuti undian, pengguna harus terlebih dulu mendaftar supaya berpeluang memenangkan hadiah NFT yang akan dipilih secara acak. Hadiah NFT tersebut bisa disimpan di wallet digital, dan bisa juga dijual kembali.