Kraken Fasilitasi  Kredit dalam Bentuk Kripto dengan Jaminan NFT
Di Kraken bisa mendapatkan kredit dalam bentuk mata uang kripto. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu pendiri dan CEO Kraken Jesse, Powell baru-baru ini berbagi dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News bahwa pertukaran crypto akan meluncurkan pasar token nonfungible (NFT) yang akan memungkinkan pengguna untuk meminjam dana dengan jaminan NFT mereka.

Powell menjelaskan perusahaan berencana memasuki ruang NFT pada awal 2022 dan berharap dapat menambahkan fitur untuk menentukan nilai likuidasi NFT dan apakah dapat dijadikan jaminan pinjaman.

“Jika Anda menyimpan CryptoPunk di Kraken, kami ingin dapat mencerminkan nilainya di akun Anda,” kata Powell, melanjutkan, “dan jika Anda ingin meminjam dana untuk itu.”

Nilai NFT, bagaimanapun, ada di seluruh spektrum, dan hanya sebagian kecil pemilik token yang memiliki koleksi digital senilai CryptoPunk, yang harga dasarnya adalah 66,9 Ether (ETH) atau 273.673 dolar AS pada saat publikasi.

Menurut Powell seperti dikutip Cointelegraph, utilitas NFT akan meledak tahun depan:

“Tahap pertama adalah spekulasi, fase kedua adalah membeli seni dan seniman pendukung, fase ketiga akan menggunakan NFT secara fungsional,” kata Powell.

Selain itu, Kraken baru-baru ini mengakuisisi Staked, platform infrastruktur yang memungkinkan staking crypto non-penahanan, dalam upaya untuk menarik investor baru. Klien Kraken sekarang akan dapat memperoleh imbalan dan hasil crypto sambil mempertahankan kendali atas aset digital mereka.

Kraken didirikan pada tahun 2011 dan telah menjadi salah satu pertukaran crypto terbesar di dunia, peringkat teratas dalam hal likuiditas rata-rata, volume dan cadangan aset digital, menurut data dari CoinMarketCap.

Pengumuman Kraken menunjukkan bagaimana pinjaman yang didukung NFT menjadi semakin umum karena lebih banyak platform DeFi, seperti Arcade dan Nexo, menawarkan model pinjaman baru ini.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph baru-baru ini, Arcade menutup putaran pendanaan 15 juta dolar AS pada bulan Desember sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk menumbuhkan penawarannya dan menarik lebih banyak investor ke platform NFT yang dijaminkan.