<i>Boom!</i> Kripto Ripple (XRP) Dijadikan Sebagai Alat Pembayaran di Jaringan Supermarket Terbesar Kroasia
Jaringan Supermarket terbesar di Kroasia terima pembayaran dengan kripto XRP (Blokt)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah permasalahan kripto Ripple (XRP) dengan Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC), ada kabar positif dari Kroasia. Jaringan supermarket di Kroasia, Konzum mengumumkan bahwa pihaknya menerima pembayaran kripto XRP untuk berbagai produk yang ditawarkan di toko online-nya.

Sebagai informasi, Konzum sudah memiliki lebih dari 700 toko fisik di Kroasia. Konzum juga punya 10.000 karyawan. Supermarket Konzum pertama kali dibuka pada tahun 1957 di Zagreb.

Di laman resmi website Konzum yang diposting pada 1 Desember lalu, perusahaan memungkinkan pembelian kripto dan juga pembayaran produk dengan kripto: (i) untuk membeli crypto (tanpa komisi) di toko online-nya; dan (2) memungkinkan untuk membayar dengan kripto untuk produk yang ditawarkan di toko online-nya.

Sejumlah mata uang kripto yang diterima sebagai opsi pembayaran di Konzum yakni Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Bitcoin Cash (BCH), EOS, DAI, Ripple (XRP), Stellar Lumen (XLM), Tether (USDT) dan yang terakhir USDC.

“Pengenalan pembayaran cryptocurrency adalah indikator lain bahwa Konzum terus memantau tren global, memperkenalkan inovasi dan menetapkan standar di sektor ritel. Sebagai rantai ritel terbesar di Kroasia, yang dalam hampir 65 tahun sejarahnya merupakan pemimpin berkelanjutan di pasar domestik dalam hal hasil bisnis dan pencapaian teknologi, kami bangga menjadi pemimpin di bidang lain yang berkembang pesat dan menentukan masa depan,” kata Uroš Kalinić selaku Anggota Dewan Manajemen Konzum untuk Keuangan dan TI.

“Kami terus berinvestasi dalam pengembangan inovasi dan teknologi agar tetap menjadi pilihan pertama bagi pelanggan kami dan sebagai rantai ritel generasi berikutnya untuk memberikan pengalaman berbelanja premium,” tambah Uroš Kalinić.

Dilansir CryptoGlobe, supermarket terbesar di Kroasia tersebut mengatakan bahwa dukungan untuk kripto ini diaktifkan sebagai hasil dari kolaborasi dengan pialang cryptocurrency Kroasia dan perusahaan pemrosesan pembayaran kripto Electrocoin, yang memiliki sistem PayCek yang memungkinkan pedagang untuk menerima crypto dan menerima di rekening bank mereka HRK atau EUR.

“Saat menyelesaikan pemilihan produk, pelanggan akan dapat memilih opsi pembayaran cryptocurrency dan sistem akan menawarkan daftar yang tersedia. Setelah memilih cryptocurrency yang diinginkan, jumlah yang setara akan ditampilkan dan kode QR dan alamat pembayaran akan dibuat, setelah itu pelanggan cukup memindai kode QR secara eksklusif dengan cryptocurrency pribadi,” tulis pihak Konzum.

“Dengan mengkonfirmasi transaksi, dia akan melakukan pembayaran dan menerima konfirmasi transaksi dari sistem PayCek melalui email, sementara Konzum akan mengiriminya faktur untuk layanan atau produk berbayar.”

Pembayaran produk dengan kripto tersebut tidak dikenai biaya tambahan. Meski volatilitas mata uang kripto yang tinggi, perusahaan menjamin pembeli dengan nilai tukar yang setara pada waktunya.

“Mengingat volatilitas nilai tukar mata uang kripto, yang dapat bervariasi dari menit ke menit, sistem PayCek akan menjamin pembeli nilai tukar tetap yang setara pada waktunya untuk memulai transaksi, cukup untuk keberhasilan eksekusi tanpa biaya tambahan.”

Tidak hanya toko online saja, Konzum dikabarkan segera menerima pembayaran kripto di toko fisiknya yang tersebar di Kroasia. Saat penulisan, harga kripto XRP diperdagangkan di Rp12.036. XRP mengalami kenaikan sebesar 4,3 persen dalam 24 jam terakhir sebagaimana laporan data dari Coingecko.