Transaksi Jaringan Bitcoin Kini Jauh Lebih Besar Dibandingkan PayPal
Jaringan Bitcoin memproses sekitar 489 miliar dolar AS (Rp7 quadraliun) per kuartal pada tahun 2021. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Jaringan Bitcoin telah memproses lebih banyak volume berdasarkan nilai dolar daripada Paypal dan jaringan cryptocurrency terdesentralisasi terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar ini juga dapat melampaui Mastercard pada awal 2026.

Laporan 25 November dari platform intelijen pasar Blockdata berjudul Kapan jaringan Bitcoin memproses volume seperti Mastercard dan Visa?, menunjukkan bahwa jaringan Bitcoin memproses sekitar 489 miliar dolar AS (Rp7 quadraliun)  per kuartal pada tahun 2021, yang lebih besar dari Paypal 302 miliar dolar AS (Rp 4,3 quadraliun).

Setelah 12 tahun berdiri, Bitcoin kini memproses sekitar 27% dari 1,8 triliun dolar AS milik Mastercard per kuartal, dan 15% dari milik Visa 3,2 triliun dolar AS.

Tiga faktor ini dapat membuat jaringan Bitcoin naik ke level dua raksasa kartu kredit dalam hal total volume yang diproses: jumlah total transaksi, jumlah rata-rata Bitcoin yang dikirim per transaksi, dan kenaikan harga Bitcoin (BTC).

Faktor pertama — jumlah total transaksi — adalah yang paling bergantung pada variabel. Secara teoritis, “jika Bitcoin ingin meningkatkan nilainya yang ditransfer per transaksi hari ini sebesar ~260%, itu akan memproses volume yang setara dengan Mastercard setiap hari.”

Namun, laporan tersebut yang juga dikutip Cointelegraph, tidak dapat menemukan data terkini yang menunjukkan bahwa jumlah rata-rata Bitcoin yang dikirim per transaksi sedang meningkat. Tren bisa berubah di masa depan, tetapi kenaikan harga menjadi 245.000 dolar AS pada volume saat ini juga akan membuat Bitcoin menyamai Mastercard. Tindakan harga ini berpotensi lebih mungkin daripada kenaikan volume, menurut beberapa analis.

Blockdata akhirnya mengklaim bahwa tidak mungkin harga Bitcoin naik ke level yang sesuai untuk menyamai Mastercard. Jika seseorang mempertimbangkan harga Bitcoin tahunan rata-rata, mungkin diperlukan waktu hingga 2060. Di sisi lain “mengambil tingkat pertumbuhan saat ini pada tahun 2021 sebagai metrik, itu bisa terjadi segera setelah tahun 2026.”

Laporan tersebut mencatat bahwa meskipun relatif muda, jaringan Bitcoin terdesentralisasi telah berhasil mencapai volume tinggi dibandingkan dengan dua raksasa kartu kredit terpusat.

“Sungguh mengesankan bagaimana Bitcoin, sebagai jaringan terdesentralisasi berusia 12 tahun, adalah 27% dari volume yang diproses dibandingkan dengan Mastercard, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1966.”