Peringatan Sopan dari Twitter Terhadap Akun Pengguna Mampu Turunkan Ujaran Kebencian
Twitter bisa gunakan peringatan yang sopan untuk cegah ujaran kebencian di platformnya. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah tim peneliti baru-baru ini menjalankan eksperimen di Twitter. Mereka menemukan jika pengguna Twitter diperingatkan tentang tindakan hukuman karena telah menggunakan istilah kebencian, yang membuat kemungkinan memposting konten kebencian kini benar-benar turun hingga 20 persen.

Twitter telah berjuang melawan masalah untuk sementara waktu dan baru-baru ini meningkatkan upayanya untuk membuat platform tersebut tidak terlalu berbahaya. Salah satu korban paling signifikan dari aturan konten Twitter adalah mantan Presiden AS Donald Trump, yang secara permanen dilarang dari platform tersebut.

Selama beberapa kuartal terakhir, Twitter telah mengambil banyak langkah untuk mengatasi interaksi beracun dan masalah misinformasi. Pada bulan Mei tahun ini, Twitter mulai meluncurkan permintaan yang meminta pengguna untuk mempertimbangkan kembali sebelum memposting sesuatu yang menyinggung atau menyakiti individu atau grup.

Untuk memastikan bahwa pengguna sadar kontekstual dan tidak membantu menyebarkan informasi yang salah atau konten berbahaya lainnya, Twitter mulai meminta pengguna untuk membaca artikel sebelum mereka me-retweet. Namun, masalahnya terus berlanjut, dan mengatasinya terbukti menjadi jalan yang sulit bagi Twitter, terutama di pasar di luar AS.

Sebuah tim peneliti dari Universitas New York melakukan tes yang melibatkan peringatan pengguna bahwa akun mereka dapat ditangguhkan jika mereka memposting konten kebencian.

Diterbitkan oleh Cambridge University Press, makalah berjudul "Penangguhan Singkat: Bagaimana Peringatan Penangguhan Dapat Mengurangi Ujaran Kebencian di Twitter" mempelajari efektivitas peringatan pengguna tentang penangguhan versus penangguhan langsung dan bagaimana setiap skenario memengaruhi kemungkinan posting kebencian.

Tim menyimpulkan bahwa peringatan itu benar-benar berfungsi, dan jika pesan peringatan lebih sopan, kemungkinan memposting konten berbahaya semakin berkurang. Sebagai bagian dari penelitian, tim memilih lebih dari 600.000 tweet kebencian yang diposting pada minggu sebelum 21 Juli tahun lalu dan mengisolasi sejumlah 4.300 pengikut akun yang ditangguhkan karena melanggar kebijakan konten platform.

Tim tersebut kemudian mengeluarkan pesan peringatan yang dimulai dengan baris, "Pengguna [@akun] yang Anda ikuti telah ditangguhkan, dan saya menduga ini karena bahasa yang penuh kebencian."

Namun, bahasa yang mengikutinya bervariasi, yang bisa berupa sesuatu yang lugas seperti "Jika Anda terus menggunakan ujaran kebencian, Anda mungkin akan diskors sementara." Atau sedikit lebih sopan seperti "Jika Anda terus menggunakan ujaran kebencian, Anda mungkin kehilangan pos, teman, dan pengikut Anda, dan akun Anda tidak akan kembali."

Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan peringatan yang efektif, yang membuat perintah tersebut tampak sah, dan juga menyampaikan gagasan bahwa tindakan hukuman penangguhan akan diambil jika audiens target memposting konten yang bermasalah.

Tim mencatat bahwa mengirim prompt peringatan membantu mengurangi rasio tweet kebencian sebesar 0,007 selama seminggu atau hingga 10 persen seminggu kemudian. Tetapi dalam skenario di mana pesan itu diungkapkan dengan lebih sopan, pengurangan tweet kebencian naik lebih tinggi dan berada di antara 15 hingga 20 persen.

Meskipun efek dari peringatan semacam itu hanya bertahan hingga satu bulan, bahkan penangguhan hukuman sementara dari tweet beracun adalah tanda yang menggembirakan, yang memungkinkan tim di Twitter untuk membangunnya.