William English, Sosok Penemu Mouse Komputer Tutup Usia
William 'Bill' English (By Marcin Wichary from San Francisco/wikimedia commons)

Bagikan:

JAKARTA - William 'Bill' English, salah satu tokoh teknologi dunia yang merancang mouse komputer telah meninggal dunia. Ia tutup usia akibat gagal pernapasan saat dirawat di Rumah Sakit di San Rafael, California, Amerika Serikat (AS), pada 26 Juli lalu.

Pemilik nama lengkap Willliam Krik English ini lahir 27 Januari 1929, di Lexington. Bill merupakan salah satu tokoh penting di balik terciptanya mouse komputer pada tahun 1968.

Bersama Douglas Engelbart, William mengembangkan mengembangkan mouse pertama di Institut Penelitian Stanford (SRI). Demo perangkat perdana dari mouse untuk perangkat komputer itu dikenal sebagai "Mother of All Demos"

Sebenarnya bukan hanya mouse yang perkenalkan, mereka juga memberikan banyak konsep yang digunakan komputer saat ini, misalnya interface grafis, edit teks secara online, panggilan video dan hiperteks tautan yang sekarang digunakan untuk menavigasi halaman web di internet.

Perjalanan Karier

Melansir dari Engadget, Bill memulai kariernya setelah meninggalkan Angkatan Laut dan bergabung dengan SRI pada akhir 1950-an. Di sana ia kemudian bertemu Douglas Engelbart yang kemudian menjadi orang di balik terciptanya mouse komputer. 

Bila Engelbart dikenal sebagai sosok dengan ide-idenya yang visioner, maka Bill-lah yang mewujudkan ide-ide tersebut. “Dia adalah orang yang membuat segalanya terjadi. Jika kamu mengatakan kepadanya sesuatu yang perlu dilakukan, dia tahu bagaimana melakukannya," seperti dikutip dari New York Times, Selasa, 4 Agustus.

Secara konsep, purwarupa mouse buatan Bill dan Engelbart, menggunakan mekanisme trackball yang sudah digunakan sejak 1946 dari pasca Perang Dunia ke-II. Kala itu, trackball digunakan untuk menentukan target posisi pesawat yang sebelumnya dilakukan dengan joystick

Image Credit: Photo William Krik English / English Family

Namun perangkat buatan Bill dan Engelbart dipergunakan secara terpisah dan lebih mudah dipergunakan. Dari yang tadinya harus mengetik kode perintah, jadi tinggal mengklik ikon pada monitor yang navigasinya bebas digerakkan dengan menggunakan tetikus tersebut.

Selain itu, sistem operasional itu juga yang pertama kali menggabungkan folder-folder, berkas server dan email. Purwarupa dari mouse pertama ini juga berbentuk sederhana yang terbuat dari blok kayu pinus dengan beberapa tombol dan konektor saja. 

Merujuk dari bentuknya dan pergerakannya saat melintasi layar desktop, maka perangkat ini disebut 'mouse'. Di mana sebelumnya, perangkat ini memiliki nama yang cukup sulit diingat yakni "indikator posisi X-Y untuk sistem tampilan" atau potensiometer.

Selang beberapa tahun setelah demonstrasi mouse, Xerox Corporation mengadopsi perangkat buatan 'Bill' English dan Engelbart untuk menjadi bagian dari komputer pribadi (PC) yang pertama kali dijual pada 27 April tahun 1981.