Tesla Model X Long Range, Lebih Bertenaga, Lebih Irit dan Lebih Panjang, Simak Keunggulan Lainnya
Tesla Model X Long Range, salah satu SUV premium terbaik saat ini. (foto: dok. tesla)

Bagikan:

JAKARTA  - Tesla Model X, sebuah SUV Jarak Jauh, kini telah diperbarui menjadi lebih ringan dan lebih bertenaga. Meskipun ini bukan kendaraan tercepat Tesla, namun mobil listrik ini selalu mampu melakukan akselerasi yang mendebarkan. Bahkan kini seharusnya lebih cepat dengan adanya pembaruan ini.

Sementara tinjauan awal dari desain yang diperbarui hanya mencatat sedikit perubahan eksterior pada trim, sebagian besar peningkatan bersifat internal.

Tesla Model X adalah kendaraan listrik yang luar biasa dan mendorong batas-batas dari apa yang mungkin ada dalam mobil yang tidak memiliki emisi. Dengan kapasitas maksimum tujuh penumpang, seluruh keluarga dapat berkendara bersama dan jangkauannya lebih dari 300 mil guna menghilangkan kekhawatiran tentang pengisian daya ulang pada perjalanan normal atau perjalanan singkat.

Dijual mulai dari harga 100.000 dolar AS lebih, mobil ini jelas merupakan SUV mewah tetapi yang sangat irit dan setiap kali melewati pompa bensin tak ingin berbelok.

Menurut dokumen EPA (Environmental Protection Agency) yang pertama kali ditemukan oleh @tempermanant di Twitter, Model X Long Range yang baru lebih ringan dan lebih bertenaga daripada generasi sebelumnya, menampilkan paket baterai yang diperbarui yang mengurangi lebih dari 200 pon sambil mempertahankan kapasitas yang hampir sama.

Daya dikatakan telah meningkat lebih dari 30 persen dan kecepatan pengisian juga meningkat. Ini adalah pembaruan signifikan untuk kendaraan terbesar dari Tesla, menjadikannya saat yang tepat untuk mempertimbangkan jika dijual di pasar SUV premium.

Pengisian Lebih Cepat Tesla Model X

Model X mulai tertinggal oleh biaya yang lebih rendah dan model yang lebih baru dalam hal kecepatan pengisian. Karena penggunaan sel baterai yang lebih lama, bahkan setelah pembaruan perangkat lunak tahun 2020, Model X mencapai tingkat pengisian daya 225 watt, naik dari 200 watt. Sedangkan Model 3 dan Model Y dapat memanfaatkan daya hingga 250 watt.

Proses pengisian daya prosesnya lebih cepat hingga 11 persen. Dengan pembaruan baterai baru-baru ini, pengisian kecepatan penuh akan dimungkinkan di mobil Model X yang lebih baru ini.

Menjadi satu-satunya komponen terpenting dari kendaraan listrik, Tesla terus meneliti dan memperbarui teknologi baterai. Meskipun ada banyak variabel untuk Tesla untuk menyulap, yang paling penting adalah kemampuan untuk memproduksi massal paket baterai ini dengan kecepatan tinggi sambil mempertahankan kontrol kualitas yang ketat.

Ke depan, baterai berbasis besi akan digunakan di Model 3 dan Model Y, dan, sementara desain baterai yang lebih canggih secara keseluruhan yang mungkin memperluas jangkauan secara signifikan telah tertunda. Diperkirakan baterai jenis itu akan tiba sekitar tahun 2022.

Sementara itu, beberapa Mobil Tesla telah menikmati manfaat dari kemajuan tambahan yang sudah siap sekarang. Termasuk Tesla Model X Long Range menjadi lebih ringan dan lebih bertenaga..