Inovasi Simone Inzaghi Membuat yang Mustahil Menjadi Mungkin Terjadi Bagi Inter
Pemain Inter Milan Yann Bisseck saat mencetak gol di pertandingan Serie A Italia melawan Bologna. (X/@SerieA)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada yang yang tidak mungkin jika Simone Inzaghi sudah berucap dalam dunia sepak bola khususnya bagi Inter Milan.

Marco Parolo hanya bercanda saat melontarkan pertanyaan kepada Simone Inzaghi pada Desember lalu. “Dulu ketika Anda melatih saya di Lazio, Anda menawari kami makan malam kepada para pemain untuk gol pertama yang dibantu oleh satu bek sayap dan dicetak oleh bek sayap lainnya,” kata mantan pemain internasional Italia itu dalam wawancara setelah kemenangan kandang Inter atas Udinese.

“Apa yang kamu coba saat ini? Sebuah gol yang dibuat oleh bek dari satu sisi dari tiga bek Anda dan dicetak oleh pemain di sisi lain?” kata Parolo dilansir dari TheGuardian

Pada hari Sabtu, visi Parolo menjadi kenyataan. Pada menit ke-37 pertandingan Inter di Bologna, Alessandro Bastoni, yang awalnya bermain sebagai starter di sisi kiri formasi tiga bek Inter, mendorong ke atas untuk mendukung bek sayapnya di luar kotak penalti lawan.

Carlos Augusto mengembalikan bola kepadanya, Bastoni mengirimkan umpan silang first-time, dan Yann Bisseck, “terzo” sisi kanan Inter untuk pertandingan ini, tiba untuk mencetak sundulan ke tiang belakang.

Bagian yang paling mustahil adalah semua ini tidak terasa mustahil sama sekali. Bastoni telah mengambil posisi ini dan memainkan umpan silang tersebut sepanjang musim. Bisseck, yang bergabung dari Aarhus di Denmark musim panas lalu, mendefinisikan dirinya sebagai “bek modern, yang suka bermain dengan bola dan mencetak gol”. Dia telah membuka rekening golnya untuk klub dengan golnya ke gawang Lecce pada bulan Desember – sebuah pertandingan di mana tendangan volinya juga membentur mistar gawang.

Mungkin tidak ada klub yang lebih baik di Eropa saat ini bagi pemain dengan pola pikir seperti itu untuk berkembang. Bahkan mendefinisikan sepak bola Inzaghi sebagai “modern” terasa tidak bermurah hati karena hal itu akan menyiratkan tren yang lebih luas dari klub-klub yang menganut pendekatan cair terhadap formasi yang ada. Di mana lagi seorang bek tengah muda bisa merasa begitu berdaya untuk melakukan serangan karena mengetahui rekan-rekannya akan mengisi ruang yang ia tinggalkan?