JAKARTA - Honda Motor Co.Ltd berupaya mengembangkan baterai solid-state yang dimilikinya dapat memberikan jarak tempuh hingga 997 km dalam sekali pengisian daya.
Mengutip dari laman InsideEVs, Senin, 9 Desember, jika angka tersebut benar tentunya dapat meningkatkan jangkauan mobil listrik yang saat ini banyak beredar.
Jenama asal Jepang ini juga mengeklaim baterai solid-state baru yang dikembangkan akan berukuran 50 persen lebih kecil, 35 persen lebih ringan, dan 25 persen lebih murah untuk diproduksi ketimbang baterai lithium ion berbasis cairan yang ada saat ini.
Bahkan, sel elektrolit padat baterai baru Honda ini juga menjanjikan jauh lebih aman daripada yang tersedia di pasaran saat ini, serta menerima kecepatan pengisian yang jauh lebih tinggi. Honda juga berambisi untuk menciptakan baterai dengan jangkauan yang lebih jauh lagi pada tahun 2040.
Meski kedengarannya luar biasa, tapi tak bisa dipungkiri sel baterai prototipe yang sedang diuji coba dengan ukuran yang lebih kecil tidak bisa digunakan di kendaraan manapun.
"Itulah sebabnya kami menciptakan jalur percontohan untuk mengidentifikasi dan menangani masalah apa pun dalam hal ukuran dan produksi massal sesegera mungkin," kata Chief Engineer Honda R&D Takeshi Ueda.
BACA JUGA:
Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini Honda harus membuat prototipe baterai 100 kali lebih besar, dan sedang berupaya untuk membawa ke tahap produksi massal.
Pabrikan berlogo H ini percaya dapat mengatasi rintangan tersebut. Bahkan, mengklaim baterainya nanti akan menjadi pengubah permainan di segmen kendaraan listrik murni.
"Baterai kami yang seluruhnya solid-state akan menjadi pengubah permainan di era EV ini,” ungkap Presiden Honda R&D Co Keiji Otsu.
Seperti diberitakan VOI sebelumnya, Honda membangun lini demonstrasi sebagai bekal untuk memproduksi baterai all-solid-state secara massal di masa depan. Jalur tersebut memiliki total luas sekitar 27.400 m2 dengan dilengkapi fasilitas dan peralatan memungkinkan verifikasi setiap proses produksi.
Verifikasi proses produksi ini termasuk penimbangan dan pencampuran bahan elektroda, pelapisan dan pengepresan gulungan perakitan elektroda dan pembentukan sel, dan perakitan modul. Diperkirakan pembangunan gedung fasilitas ini selesai pada musim semi tahun ini dan hampir semua peralatan utama yang diperlukan untuk verifikasi telah terpasang.