Bagikan:

JAKARTA - Tahun lalu, Office of Defects Investigation (ODI) yang merupakan divisi dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat untuk menginvestigasi model yang berpotensi ditarik kembali, meluncurkan penyelidikan terhadap mesin 3,3 liter V6 milik Kia. Baru-baru ini, penyelidikan tersebut telah ditutup.

Dilansir dari Carscoops, Rabu, 31 Juli, divisi tersebut mengumumkan bahwa pabrikan tidak perlu memulai penarikan kembali. Sebelumnya, dilaporkan bahwa bagian kepala gasket dari mesin tersebut mengalami masalah.

ODI menerima sejumlah masalah seputar mesin 3,3 liter tersebut pada model Sorento 2016-2017. Dilaporkan pergerakkan antara kepala dan blok mesin terkadang terlalu lemah sehingga menimbulkan gejala seperti kebocoran cairan pendingin, kebocoran oli, overheat, dan lainnya. Namun, pengemudi kurang menyadarinya sehingga dan harus mendapat peringatan dari indikator kendaraan bahwa ada sesuatu yang salah.

Gejala tersebut menunjukkan bahwa bagian kepala gasket adalah masalah utama. Laporan dari lapangan menunjukkan bahwa teknisi telah menemukan gasket kepala yang rusak dalam beberapa kasus.

Jika hal ini terjadi, dapat menyebabkan mesin overheat dan bahkan kepala silinder mesin menjadi rusak atau bengkok. Dalam beberapa kasus, mengganti komponen tersebut akan mengatasi masalah ini. Namun dalam kasus lainnya, mengganti mesin baru adalah satu-satunya solusi.

Meskipun demikian, ODI mengatakan bahwa masalah tersebut terjadi secara wajar dan bukan sebuah hal yang darurat untuk dilakukan penarikan kembali.

“Melalui peninjauan terhadap informasi yang diberikan oleh Kia dan sosialisasi kepada konsumen, ODI mengonfirmasi bahwa sebagian besar dugaan cacat tersebut dapat dideteksi secara wajar,” tulis ODI.

Selain itu, Kia juga mengambil langkah untuk melakukan perpanjangan masa garansi kendaraan yang terdampak hingga 15 tahun atau tempuh jarak 180.000 mil (sekitar 290.000 km) tergantung mana yang berhasil dilalui terlebih dahulu.

Model lainnya yang juga memiliki mesin serupa dengan potensi masalah serupa ialah Sorento 2014-2015, Sedona 2015-2016, dan Cadenza 2014-2017.