Toyota Bakal Investasi Besar-besaran di Brasil untuk Produksi Mobil Hybrid dan SUV
Ketua Dewan Direksi (Chairman) Toyota Motor Corporation Akio Toyoda berpidato di hadapan para ketua, presiden, dan pemimpin dari 17 perusahaan Grup Toyota, 30 Januari 2024. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil terbesar di dunia Toyota akan berinvestasi besar-besaran di Brasil. Dan pengumuman ini akan dilakukan esok hari, Selasa, 5 Maret.

Jika terealisasi, Toyota akan menjadi produsen mobil global terbaru yang mengumumkan rencana investasi tambahan di Brasil tahun ini, menyusul perusahaan-perusahaan seperti Volkswagen, General Motors, dan Hyundai Motor.

Dilansir Reuters, 4 Maret, investasi Toyota ini ada di angka 2,2 miliar dolar AS untuk beberapa tahun ke depan di Brasil, demikian yang diungkapkan oleh wakil presiden negara Amerika Selatan itu pada hari Minggu.

Sebelumnya, Toyota menyatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, ketika ditanya media lokal di Brasil bahwa perusahaan belum bisa memberikan komentar mengenai rencana ini.

Wakil Presiden Brasil dan menteri industri Geraldo Alckmin mengatakan di media sosial bahwa investasi tersebut akan diumumkan dalam sebuah acara di pabrik Toyota di kota Sorocaba, negara bagian Sao Paulo.

Dia menambahkan bahwa investasi tersebut diperkirakan akan menciptakan 2.000 lapangan kerja dan meluncurkan model-model baru.

Menariknya, kolumnis surat kabar lokal O Globo, Lauro Jardim, yang sebelumnya melaporkan investasi yang direncanakan pada hari Minggu, mengatakan Toyota akan membuat mobil hybrid dan sport utility vehicle (SUV) di unit Sorocaba, tanpa merinci model yang terlibat.