Ramaikan Pasar Mobil Listrik Murah di Eropa, MG Siap Hadirkan Satu Model Baru 
Sebelumnya, MG telah meluncurkan EV entry-level lainnya dengan nama Comet untuk pasar India. (Dok. MG Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Morris Garage (MG) telah sukses meluncurkan MG3 sebagai hatchback hybrid dengan harga terjangkau untuk pasar Eropa. Namun kebutuhan akan EV murah di Eropa saat ini memicu merek dari Inggris tersebut untuk menghadirkannya.

MG berencana meluncurkan Electric Vehicle (EV) dengan harga sekitar 20.000 poundsterling (setara Rp397 jutaan) untuk pasar Inggris pada akhir tahun depan.

Rencana ini diungkap oleh David Allison, selaku Director Product & Planning MG Motor UK, yang mengisyaratkan akan memperluas jajaran kendaraan listrik murah sehingga bisa bersaing dengan Dacia Spring, Citroen e-C3 hingga Vauxhall Corsa Electric varian terbaru Yes Edition.

“Saya pikir seseorang dapat melakukan itu dengan kisaran harga yang dapat diterima, mobil berukuran layak dengan harga tersebut, dan saya pikir orang itu akan menerimanya,” kata Allison dikutip dari Autocar, Rabu, 28 Februari.

Ia juga menjelaskan, pengembangan mobil dengan harga terjangkau membutuhkan waktu dan akan sangat bagus bila produk tersebut dapat tiba di pasar pada akhir tahun depan.

“Akan sangat bagus jika kami bisa mendapatkan produk seperti itu di pasar pada akhir tahun depan. Sejujurnya, masih ada beberapa tahun lagi, tetapi menurut saya itu bukan hal yang mustahil dan menurut saya kami bisa melakukannya,” tambah Allison.

Kemungkinan mobil tersebut akan mengadopsi desain dari mobil konsep yang telah ada. Diperkirakan model tersebut akan dinamakan MG2 sebagai salah satu kendaraan listrik terjangkau yang akan dijual di benua biru maupun Inggris.

Namun ada kemungkinan bahwa kendaraan terbaru ini akan dijual secara global terlebih jika melihat pusat desain SAIC Eropa di London telah menggarap berbagai jenis model yang tidak dijual di Eropa dan Inggris.

“Ini adalah rumah spiritual dari merek tersebut dan kami dipandang sebagai merek yang sangat penting,” pungkas Allison.

Sementara itu, MG telah meluncurkan EV entry-level lainnya dengan nama Comet untuk pasar India, merupakan model berbasis dari Wuling Air ev. Perlu diketahui, baik MG maupun Wuling berada di bawah naungan satu perusahaan induk, yakni SAIC Motor.