Pengisi Daya EV Ionna Mulai Beroperasi Tahun Ini, Tawarkan Kenyamanan dan Kemudahan bagi Pemilik EV
Honda Prologue. (Dok. Honda Global)

Bagikan:

JAKARTA - Diumumkan pada Juli 2023 lalu, ketujuh perusahaan otomotif ternama terdiri dari BMW Group, General Motors (GM), Honda, Hyundai, Kia, Mercedes-Benz Group, dan Stellantis, bermitra untuk menciptakan ekosistem kendaraan ramah lingkungan dengan menghadirkan pengisi daya EV di Amerika Utara.

Ionna, perusahaan patungan dari hasil kerja sama ini telah menerima persetujuan dari otoritas regulator dan secara resmi telah beroperasi. Nantinya, Ionna akan membangun jaringan pengisian daya EV bertenaga tinggi di wilayah AS dan Kanada.

Seth Cutler, ditunjuk sebagai Chief Executive Officer dari Ionna. Perusahaan ini menargetkan menjadi salah satu jaringan pengisian daya tinggi yang paling mudah diakses dan dapat diandalkan dengan menyediakan setidaknya 30.000 pengisi daya untuk EV.

“Komitmen bersama kami untuk menciptakan jaringan pengisian daya yang luas dan bertenaga tinggi mencerminkan dedikasi kami untuk merevolusi seluruh pengalaman pengisian daya kendaraan listrik dan membantu mendorong pengadopsian EV secara luas,” kata Cutler dalam laman resmi perusahaan, Selasa, 13 Februari.

Cutler memiliki modal yang kuat dalam membangun ekosistem mobilitas ramah lingkungan. Ia memulai karirnya di Generic Electric (GE) dengan memegang peran sebagai General Manager untuk infrastruktur EV. Singkat cerita, ia berpindah ke EV Connect dan menjabat sebagai President & COO dan berhasil membangun perusahaan tersebut dari fase start-up menjadi scale-up.

Kembali ke Ionna, jaringan pengisi daya yang disediakan nanti dapat diakses oleh semua kendaraan listrik baik dengan konektor NACS maupun CCS. Hal ini dilakukan demi memudahkan dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna EV.

Selain itu, perusahaan juga akan menyediakan fasilitas seperti toilet, layanan makanan, dan operasional ritel di sekitar maupun dalam kompleks. Pelanggan akan mendapatkan fasilitas yang nyaman dengan dilengkapi kanopi, hal yang belum pernah ada dalam stasiun pengisi daya manapun.

Stasiun pengisian daya Ionna akan dirancang menggunakan energi terbarukan dan didukung oleh gabungan dari kualitas, keandalan, dan sumber daya dari produsen mobil terkemuka di dunia.

Perusahaan patungan ini berencana untuk membuka stasiun pengisian daya pertamanya di AS pada tahun ini, dengan memperluas fasilitas ini ke Kanada untuk tahap selanjutnya. Setiap lokasi akan dilengkapi beberapa pengisi daya berdaya tinggi untuk memfasilitasi perjalanan jarak jauh, selaras dengan strategi keberlanjutan ketujuh lokasi tersebut.