Bagikan:

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data hasil penjualan beberapa merek yang ada di Indonesia per bulan Oktober 2023.

Dari data ini terlihat sejumlah hasil positif yang diraih berbagai pabrikan namun ada juga yang alami penurunan penjualan.

Mazda mengalami penurunan penjualan pada bulan Oktober 2023, dengan hanya meraih 390 unit. Jumlah tersebut lebih rendah dari raihan bulan sebelumnya yang mencapai 463 unit atau menurun 15,8 persen, atau menurun 14,1 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Menanggapi hal ini, Pramita Sari, sebagai Marketing & Communication General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mengatakan bahwa terjadinya penurunan angka penjualan tersebut karena pelanggan sedang menunggu program akhir tahun 2023.

“Salah satu faktornya banyak, customer tengah menunggu program akhir tahun, dan program di GIIAS Bandung,” ucap Pramita ketika dihubungi VOI, Rabu, 15 November.

Ia menambahkan, bahwa saat ini unit Mazda yang saat ini laku di pasaran ialah CX-5 dengan 194 unit, kemudian CX-3 76 unit, dan Mazda3 Hatchback berjumlah 52 unit.

“Penjualan saat ini dipimpin oleh SUV CX-5, lalu CX-3, dan Mazda 3 Hatchback,” tambah Pramita.

Meskipun raihan wholesales mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil terdahulu, namun pabrikan asal Jepang tersebut masih bisa berbangga hati dengan mencatat hasil positif selama sepuluh bulan pertama 2023.

Dalam data yang dirilis Gaikindo, raihan wholesales mencapai 4.583 unit, naik 49,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan ritel selama Januari-Oktober 2023 mencapai 4.155 unit, naik 42,6 persen dibandingkan tahun lalu.