Bagikan:

JAKARTA - Mobil listrik dengan harga terjangkau tampaknya menjadi tren yang sedang berkembang di kalangan produsen mobil, dan Renault akan masuk ke segmen tersebut.

Dikutip dari laman Carscoops, Rabu, 15 November, perusahaan asal Prancis tersebut dilaporkan sedang mengerjakan model yang lebih kecil dan lebih murah yang akan tiba pada tahun 2026 yang masuk ke dalam jajaran line up mobil listriknya.

Meski belum memiliki nama, mobil listrik tersebut disebut akan menjadi pengganti dari hatchback Renault Twingo, yang dikabarkan akan segera dihentikan produksinya.

Sumber orang dalam menyatakan bahwa mobil listrik tersebut akan dibangun di pabrik Renault Novo Mesto di Slovenia, yang juga merupakan rumah bagi produksi Twingo.

Belum jelas apakah model tersebut akan berbagi arsitektur CMF-BEV dengan Renault 5 yang memiliki panjang 3,92 m (154,3 inci), namun yang pasti akan memiliki ukuran yang lebih kecil.

Nantinya model kei car ini akan bersaing dengan VW ID.1 yang akan datang, Citroen e-C3, Fiat Panda, serta EV entry-level lainnya. Tentunya patut ditunggu kehadirannya.

Langkah Renault ini juga sejalan dengan proyeksi pabrikan, di mana akan meluncurkan 6 kendaraan listrik baru hingga tahun 2030, termasuk termasuk supermini R5 pada tahun 2024, SUV R4 pada tahun 2025, dan kendaraan listrik perkotaan yang lebih kecil pada tahun 2026.