Tesla Perluas Infrastruktur Supercharger di Malaysia
Supercharger Tesla di Malaysia. (Dok. Paultan)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak debut resminya di Malaysia pada Juli lalu, produsen mobil listrik Tesla terus membangun infrastruktur mobil listrik di Negeri Jiran. Termasuk yang terbaru, jaringan pengisian daya atau supercharger yang kini hadir di Freeport A’Famosa Outlet di Melaka.

Dikutip dari laman Paultan, Senin, 23 Oktober, lebih tepatnya jaringan supercharger milik Tesla itu terletak di area parkir pusat perbelanjaan, artinya tempat yang cukup strategis agar bisa digunakan pemilik mobil listrik Tesla.

Pada area parkir tersebut terdapat empat unit V3 yang masing-masing menawarkan pengisian cepat DC hingga 250 kW. Jadi, para pengguna tak membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya baterai mobil.

Belum diketahui berapa biaya penggunaan Supercharger ini, namun sebagai referensi, tarif di lokasi lain seperti Iskandar Puteri dan Pavilion KL adalah RM1,25 per kWh atau kisaran Rp4 ribuan.

Seperti yang terlihat di lokasi Supercharger lainnya, termasuk di Sunway Pyramid, terpampang jelas tulisan 'Hanya Pengisian daya Tesla'

Kehadiran supercharger Tesla ini juga selaras dengan kantor pusatnya yang ada di Cyberjaya, yang juga berfungsi sebagai pusat layanan.

Kantor pusat tersebut sendiri memiliki delapan stasiun Supercharger dan 12 pengisi daya konektor dinding, meski saat ini masih terbatas untuk penggunaan internal.

Tesla juga telah mengumumkan akan membangun supercharger di 11 lokasi terpisah, seperti Penang, Perak, Kuala Lumpur, Selangor, Negeri Sembilan hingga Johor.