Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia otomotif nama Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan bakal selalu dibicarakan. Anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi ini telah lama dikenal karena kecintaannya pada dunia otomotif melalui cara yang tak biasa.

Seperti Sultan Brunei, Sheikh Hamad terobsesi dengan mobil. Dia memiliki hobi mengumpulkan ratusan kreasi otomotif langka dan unik, termasuk beberapa yang memegang rekor dunia.

Dikenal sebagai "The Rainbow Sheikh", yang panggilan ini menurut South China Morning Post bukan karena dia adalah pendukung hak-hak LGBTQ namun berawal saat miliarder raja minyak berusia 68 tahun itu meminta Mercedes Benz untuk mengirimkan seluruh armada kelas S dalam berbagai warna pelangi.

Semua koleksi mobilnya pernah diulas khusus oleh Business Insider pada tahun lalu dan baru-baru ini Autocar, 15 Oktober, juga berkunjung ke museumnya di sela acara Geneva International Motor Show Qatar (GIMS) 2023.

Sheikh Hamad sendiri juga telah lama menunjukkan minat yang kuat terhadap modifikasi mobil, bahkan seluruh koleksi mobil dibagikan ke akun Instagram museumnya, yang selalu dinantikan pencinta otomotif setiap kali unggahan diposting.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari miliarder dengan kekayaan 20 miliar dolar AS atau Rp314 triliun adalah kecenderungannya memperbesar ukuran mobil dari versi standar. Tak hanya mobil-mobil klasik tapi juga modern diubah menjadi kendaraan raksasa yang menakjubkan, menggabungkan keahlian teknis yang canggih dengan imajinasi yang kreatif dan kreasi ini diakui secara resmi oleh Guinness World Records sebagai pemilik koleksi mobil terbesar di dunia.

4
Hummer H1 dengan ukuran tiga kali lebih besar dan volumenya 27 kali lipat dari versi standar.

Koleksi lain mobil Sheikh Hamad Bin Hamdan Al Nahyan yang menarik meliputi Lamborghini yang dimodifikasi, Fiat 500 antik, power wagon Dodge tahun 1950-an, dan truk road rail SUV 10X10. Ia juga dikenal memiliki seluruh armada Mercedes Benz S-class, Jeep Wrangler ganda yang dimodifikasi, dan Hummer H1 yang dimodifikasi.