Bagikan:

JAKARTA - Pabrik Dingolfing merupakan pabrik perakitan BMW Group terbesar di Eropa yang berlokasi di selatan Jerman. Fasilitas ini berjasa dalam memproduksi berbagai model milik perusahaan sejak 27 September 1973. Tahun ini, pabrikan merayakan 50 tahun berdirinya tempat perakitan tersebut.

“Perayaan ini tentu saja merupakan kesempatan untuk melihat kembali kisah sukses pabrik ini yang luar biasa namun juga merupakan alasan yang sangat baik untuk menatap masa depan dengan optimis,” kata Direktur Pabrik Dingolfing, Christoph Schroder, dalam laman resmi perusahaan, Jumat, 13 Oktober.

5

Sejak memproduksi model pertama, BMW 520 Iberian Red, pada tahun 1973, fasilitas ini telah menghasilkan lebih dari 12 juta unit kendaraan. Tingkat produktivitasnya begitu tinggi sehingga setiap 60 detik, satu unit mobil berhasil merampungkan proses perakitan di Dingolfing.

Pabrik ini tidak hanya menjadi tempat lahirnya berbagai model BMW terkenal seperti Seri-4, Seri-5, Seri-6, Seri-7, dan Seri-8, tetapi juga menyelenggarakan produksi model-model elektrifikasi seperti iX, i7, dan i5. Selain itu, beberapa model dari divisi 'M' juga mengalami proses perakitan di sini.

6

Selain produksi massal, pabrik Dingolfing juga merakit kendaraan-kendaraan yang eksklusif, seperti Seri-8 yang dihiasi oleh karya seniman Jeff Koons sebanyak 99 unit, BMW 3.0 CSL sebanyak 50 unit, dan BMW i7 Protection yang merupakan kendaraan listrik dengan tingkat keamanan tertinggi.

Peran penting pabrik ini dalam produksi kendaraan listrik (EV) juga semakin meningkat, dengan perusahaan menargetkan produksi EV akan menyumbang sekitar 40 persen atau 300.000 unit dari keseluruhan produksi fasilitas ini pada tahun 2024 mendatang.

BMW Group juga telah menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan-perusahaan perangkat lunak ternama seperti Microsoft, Intel, dan NTT, guna memperkuat upaya digitalisasi dalam operasi pabrik Dingolfing. Hal ini dianggap penting untuk menghadapi kompleksitas proses produksi yang semakin meningkat, sehingga setiap aspek dapat terkontrol dengan efisien.

Dengan investasi yang terus meningkat setiap tahun, pabrik Dingolfing akan terus menjadi pusat utama bagi inovasi dan teknologi BMW, termasuk peluncuran proyek ambisius seperti Neue Klasse.