Bagikan:

JAKARTA - Demi memberi kemudahan mobilitas ramah lingkungan kepada masyarakat, Adhya Group, meluncurkan aplikasi penyewaan kendaraan listrik (EV) berbasis perangkat lunak, yakni EMove.

Layanan aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia dalam menjalani aktivitas sehari-hari mereka. Melalui EMove, masyarakat dapat dengan mudah menyewa kendaraan listrik dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Dalam layanan ini, model yang saat ini disediakan ialah Wuling Air ev yang dapat menemani pengguna dalam menjalankan aktivitas di perkotaan. Walaupun baru satu model, perusahaan memastikan bahwa akan menghadirkan Neta V dan Hyundai Ioniq 5 sebagai kendaraan sewaan. Namun, besar kemungkinan bahwa model akan bertambah.

Hari Dinata, selaku VP Retail & Ecommerce Adhya Group, mengatakan pihaknya terbuka untuk model EV dari berbagai merek sebagai kendaraan sewaan.

"Kita sangat terbuka. Setiap ada pameran otomotif kita mencoba mengeksplorasi kemungkinan dihadirkan lebih banyak kendaraan listrik yang bisa kita coba untuk penyewaan di EMOVE ini," ujar Dinata kepada VOI, Selasa, 10 Oktober.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa pihaknya telah memasukkan model lain sebagai kendaraan sewaan pada laman resmi mereka, yaitu Toyota C+Pod. Namun saat ini, kendaraan tersebut belum tersedia untuk dirental.

"Di website kita sebenarnya ada daftar harga sewa untuk Toyota C+Pod. Cuma, ukurannya kecil dan model ini dipakai untuk keperluan internal. Jadi, kita belum pakai model ini untuk disewakan," tambah Dinata.

Toyota C+Pod merupakan EV ultra kompak yang dihadirkan dengan kapasitas dua kursi saja. Mobil ini memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, tinggi 1.550 mm, dan wheelbase 1.780 mm, menjadikannya sebagai mobil terkecil yang pernah dibuat oleh Toyota.

4

Mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 9 kWh yang memungkinkan C+Pod melaju hingga 150 km dalam siklus WLTC. Dalam laman resmi EMove, mobil ini memiliki harga sewa Rp45.000 per jamnya dan Rp450.000 per harinya.

Ini akan memuluskan langkah Adhya Group dalam menyediakan 500 unit kendaraan ramah lingkungan, seperti mobil listrik, motor listrik, sepeda listrik, serta stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU) hingga tahun 2025. Layanan ini saat ini tersedia dalam fase pertama di wilayah Jakarta, Bali, dan Bandung.