Bagikan:

JAKARTA- Mercedes-Benz Trucks meluncurkan versi truk jarak jauh bertenaga baterai pertama. Pabrikan tersebut mempresentasikan Mercedes-Benz eActros 600 kepada khalayak internasional di sebuah acara di selatan Hamburg pada 10 Oktober 2023.

Dengan truk listrik pada sektor heavy-duty ini, Daimler Truck bermaksud untuk menetapkan standar baru dalam transportasi angkutan jalan raya, terutama dalam hal teknologi, keberlanjutan, desain, dan profitabilitas bagi operator armada kendaraan listrik.

"Tidak seperti truk lainnya, eActros 600 mewakili transformasi transportasi angkutan barang di jalan raya menuju netralitas CO2," kata Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa, 10 Oktober.

6

Model ini memiliki kapasitas baterai yang tinggi, lebih dari 600 kWh, sehingga model ini dinamai 600. Poros penggerak listrik baru yang sangat efisien dikembangkan secara internal memungkinkan e-truck mencapai jarak tempuh 500 kilometer tanpa pengisian ulang.

Selain pengisian daya CCS hingga 400 kW, eActros 600 nantinya akan dapat menggunakan pengisian daya Megawatt (MCS). Sejak awal penjualan, pelanggan akan dapat memesan pra-instalasi untuk ini. Setelah teknologi MCS tersedia dan distandarisasi di semua produsen, maka MCS akan mungkin untuk dipasang pada model eActros 600 ini.

Baterai dapat diisi dari 20 hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit di stasiun pengisian daya yang sesuai dengan output sekitar satu megawatt.

"Truk ini dilengkapi dengan teknologi penggerak yang sangat inovatif, yang menawarkan efisiensi energi yang sangat tinggi kepada pelanggan kami, dan dengan demikian juga menawarkan profitabilitas. Hal ini membuat e-mobilitas semakin menarik bagi operator armada," tambahnya.

Menariknya eActros 600 memiliki tiga paket baterai masing-masing 207 kWh. Hal ini memberikan total kapasitas terpasang sebesar 621 kWh. Baterai tersebut didasarkan pada teknologi sel Lithium Iron Phosphate (LFP) dan ditandai dengan masa pakai yang lama.

Para insinyur pengembangan di Mercedes-Benz Trucks telah merancang eActros 600 untuk memenuhi persyaratan daya tahan yang sebanding Actros dan memiliki komponen yang sama seperti Actros di sector Heavy-Duty. Ini berarti truk eActros mampu mencapai hingga 1,2 juta kilometer dalam sepuluh tahun.

Pada akhir periode ini, baterai masih harus lebih dari 80 persen sehat. Selain itu, tidak seperti teknologi sel baterai lainnya, teknologi LFP memungkinkan sekitar 95 persen dari kapasitas terpasang untuk digunakan. Hal ini memungkinkan jarak tempuh yang lebih jauh dengan kapasitas baterai terpasang yang sama.