Bagikan:

JAKARTA - PT Ilectra Motor Group dengan merek Alva Motor, memamerkan fasilitas berteknologi tinggi dengan menerapkan sistem industri 4.0, bernama Alva Manufacturing Facility.

Di fasilitas ini menjadi tempat berkumpulnya para pekerja terampil yang bekerja sama dengan sistem robotik dalam perakitan motor listrik. Tempat perakitan tersebut terletak di kawasan Delta Silicon Industrial Park, Cikarang, Jawa Barat.

Menurut Alva, fasilitas tersebut dapat memproduksi sebanyak seratus ribu motor listrik per tahun sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses pemesanan dan pengiriman produk kepada pelanggan.

"ALVA Manufacturing Facility ini merupakan bukti keseriusan kami dalam memajukan industri otomotif Indonesia, khususnya kendaraan listrik roda dua. Pabrik ini menerapkan ekosistem industri 4.0 yang efisien sekaligus lebih humanis," kata Purbaja Pantja, selaku Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group, dalam keterangannya, Kamis, 21 September.

Hal menarik pada fasilitas tersebut, pabrikan otomotif lokal tersebut merekrut dan memberi kesempatan bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui kerja sama dengan pemerintah Cikarang. Para teknisi lulusan SMK tersebut akan dilatih dan bekerja di fasilitas tersebut dengan standar Alva Manufacturing Way.

3

Bulan Agustus lalu, perusahaan ini telah menyelesaikan pendanaan seri B yang mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizon Ventures.

Dalam putaran pendanaan ini, terdapat partisipasi dari investor-investor seperti HH-CTBC Partnership L.P., Foxconn Co-GP Fund, dan Brama One Ventures. Total dana yang berhasil dikumpulkan mencapai 50 juta dolar AS atau sekitar Rp760 miliar.

Dana yang berhasil terkumpul dari Seri B ini akan digunakan untuk memproduksi produk Alva Motor melalui pengembangan Alva Manufacturing Facility dan memperluas jaringan layanan mereka untuk mencakup seluruh konsumen di Indonesia.

Selain itu, brand asal Indonesia ini telah menyediakan layanan penjualan dan purnajual di beberapa lokasi, termasuk Alva Experience Center di SCBD, Jakarta, dan Alva Studio di Mall Bali Galeria, Bali.

Selama eksistensinya di industri kendaraan listrik Indonesia, Alva Motor telah meluncurkan dua sepeda motor listrik, yaitu Alva One dan Alva Cervo. Produk terbaru mereka, Alva Cervo, menonjol dengan desain, teknologi, dan performa yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengendara di Indonesia.