Berpotensi Kehilangan Daya, GM Tarik Kembali GMC Hummer EV dan Cadillac Lyriq
GMC Hummer EV 2022. (Dok. General Motors)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors (GM) mengumumkan melakukan penarikan kembali (recall) pada dua kendaraan listrik, GMC Hummer EV dan Cadillac Lyriq.

Dua mobil listrik terbaru tersebut terkena dampak recall karena berpotensi kehilangan daya yang disebabkan oleh permasalahan koneksi baterai.

Dikutip dari Inside EVs, Senin, 5 Juni, GM recall GMC Hummer 2022 dan SUV listrik Cadillac Lyriq 2023. Perusahaan mengatakan kemungkinan ada masalah dengan berbagai koneksi paket baterai bertegangan tinggi EV.

Badan Administrasi Keselamatan Jalan Raya AS (NHTSA) menilai bahwa sambungan ditempatkan dengan tidak benar, yang dapat menyebabkan hilangnya daya dan listrik akan padam.

Meskipun demikian, GM mengetahui hanya terdapat lima unit kendaraan EV yang terdampak dalam penarikan ini. Diler GM akan mengganti paket baterai bertegangan tinggi tersebut pada kendaraan yang terdampak secara gratis.

Perusahaan akan mengirim pemberitahuan kepada pemilik kendaraan pada 10 Juli mendatang. Namun, ada kemungkinan akan diberitahu lebih cepat.

Tentunya dengan adanya penarikan kembali pada kendaraan listrik makin menambah kekhawatiran atas keselamatan dari mobil yang dialiri listrik. Namun, perlu diketahui juga permasalahan itu bisa muncul karena penyesuaian teknologi mutakhir atau terkini pada setiap mobil baru.

Seperti misalnya Jaguar beberapa waktu lalu harus melakukan recall kepada model SUV I-Pace karena bermasalah pada modul baterai yang dapat menimbulkan kebakaran.

Pada April lalu, Kia juga memutuskan untuk menarik kembali model Soul EV karena berpotensi terdapat masalah korsleting pada baterai yang dapat menimbulkan kebakaran.