Bagikan:

JAKARTA - Nissan Indonesia baru-baru ini mengumumkan penarikan kembali (recall) sebanyak enam model mobil.

Recall tersebut diakibatkan sistem keselamatan yang ada pada beberapa model, yakni airbag inflator, berpotensi dapat mencederai pengemudi.

"Kami informasikan kembali terkait pemeriksaan airbag inflator. Untuk menjaga tingkat keamanan dalam berkendara, segera lakukan penggantian Airbag Inflator," tulis Nissan Indonesia dalam akun resmi Instagramnya pada Rabu, 3 Mei.

Seperti dilansir dari unggahan tersebut, penggantian komponen amat penting bagi mobil ketika terlibat kecelakaan demi mencegah terlontarnya serpihan logam saat airbag mengembang. Bila itu tidak segera ditangani, akan mengakibatkan cedera bagi pengemudi.

Mobil yang terkena dampak recall tersebut, ialah Nissan Sentra (April 2002 - September 2022), X-Trail (2002 - 2008), Livina/GL/X-Gear (April 2007 - November 2013), Latio (November 2004 - Oktober 2006), Navara (Januari 2007 - Desember 2014), Frontier (2009 - 2010), dan Livina/GL (Mei 2013 - Oktober 2017).

Nissan juga telah menyampaikan kepada pemilik mobil dengan dugaan terdampak dapat segera memastikannya melalui situs website perusahaan nissan.co.id/owners/recall.

Pemilik mobil juga dapat menghubungi Nissan Care Online Assistance melalui Nicole 1500023 untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut untuk melakukan booking service.

Tidak disebutkan berapa jumlah yang ditarik. Namun, masalah yang disebabkan oleh airbag inflator bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, airbag inflator yang dibuat oleh Takata ini pernah mengalami masalah hingga jutaan unit mobil dari berbagai merek harus ditarik di seluruh dunia.