Ronaldo, Pemain Pertama yang Mencetak 50 Gol di 3 Liga Top Eropa
Cristiano Ronaldo saat Juventus bertemu Lazio (Twitter @JuventusFC)

Bagikan:

JAKARTA - Pada usia 35 tahun dan 166 hari, Cristiano Ronaldo telah menjadi pemain tertua yang mencetak lebih dari 30 gol dalam salah satu dari lima liga top Eropa sejak 1948. Lebih jauh, kapten Portugal menjadi pemain pertama yang mencapai 50 gol di tiga liga top Eropa. 

Dengan skill dan kecepatannya saat membawa Juventus menang 2-1 atas Lazio, ia kembali mematahkan satu rekor dalam upaya mengejar torehan gol Ciro Immobile dan Robert Lewandowski. 

Ronaldo menatap trofi pencetak gol terbanyak di Serie A dan Eropa sekaligus. Di Seria A, ia telah menorehkan jumlah gol yang sama dengan Immobile, 30 gol. Sementara di Eropa, ia terpaut empat gol dari Lewandowski. 

Sebelumnya ada nama Ronnie Rooke yang mencatat rekor ini. Ia melakukannya pada tahun 1948 ketika ia memecahkan rekor 30 gol sebagai pemain Arsenal di usia 36 tahun dan 146 hari. 

Tak sampai di situ, Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari 50 gol di tiga kompetisi teratas Eropa. Di Manchester United, ia mencetak 84 gol dan bersama Real Madrid ia mencetak 312 gol. Kini di Italia, ia telah mencetak 51 gol.

Tidak ada pemain yang pernah mencetak 50 gol dengan jumlah yang lebih sedikit dari kapten Portugal. Ronaldo melakukannya hanya dalam 61 pertandingan.

Berbicara soal 50 gol di tiga liga top Eropa, pencapaian ini mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa terjadi lagi. Bagi pemain mana pun.

Bahkan Lionel Messi tidak dapat memecahkan rekor ini karena ia tentu saja harus bersaing di dua liga top Eropa lainnya lebih dulu sebelum memutuskan pensiun.