Puji <i>Assist</i> Lionel Messi untuk Kylian Mbappe, Gary Lineker: Tua-Tua Keladi
Gary Lineker (Instagram @garylineker)

Bagikan:

JAKARTA — Mantan pemain timnas Inggris Gary Lineker memuji assist yang dibuat Lionel Messi untuk Kylian Mbappe saat Paris Saint Germain (PSG) mengalahkan Maccabi Haifa.

Messi juga menyumbang satu gol ketika PSG menang 3-1 atas tuan rumah wakil Israel itu dalam laga kedua Grup H Liga Champions Eropa 2022/2023 di Stadion Sammy Ofer pada Kamis, 15 September dini hari WIB.

"Satu lagi assist untuk gol Kylian Mbappe. Gol lain dibuat oleh Messi, yang sudah mencatat lebih banyak assist pada 2022 dari pemain mana pun di lima liga top Eropa. Tua-tua keladi," kicau Lineker di akun Twitter miliknya sambil menyematkan emoji kambing (GOAT).

Messi terlebih dulu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-37 setelah tuan rumah memimpin melalui gol Tjaronn Chery pada menit ke-24.

Ia lalu mengkreasi assist untuk Mbappe setelah turun minum untuk membawa Les Parisien balik unggul. Neymar lalu menambah gol bagi raksasa Prancis dua menit sebelum waktu normal laga selesai.

Gol ke gawang Maccabi Haifa membuat Messi menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 18 musim berturut-turut di Liga Champions Eropa sejak musim 2005/2006.

"Messi mencetak gol untuk ke-18 musim berturut-turut di Liga Champions Eropa. Ya, kedelapan belas," tulis Lineker dalam kicauan yang lain.

Selain rekor itu, Messi juga mengukir sejarah melewati rivalnya Cristiano Ronaldo sebagai pemain pertama yang mencetak gol ke gawang 39 tim berbeda di ajang tersebut.

Ia melewati Ronaldo yang saat ini baru membobol 38 tim berbeda. Messi punya kans menjauh karena musim ini Ronaldo cuma bermain di Liga Europa bersama Manchester United.

Saat ini La Pulga total sudah mengoleksi 126 gol di Liga Champions Eropa. Ia terpaut 14 gol dari Ronaldo yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah.