Lionel Messi Raih Penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA, Berikut Daftar Lengkap Pemenangnya
Lionel Messi meraih gelar pemain pria terbaik FIFA. (Foto: Situs resmi FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain depan Paris Saint-Germain dan timnas Argentina, Lionel Messi, meraih penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA. Messi mengalahkan rekan setimnya Kylian Mbappe dan pemain Real Madrid Karim Benzema untuk menerima penghargaan tersebut, Selasa 28 Februari, dini hari WIB, di Paris.

Penghargaan tersebut mencakup periode antara awal musim 2021/2022 hingga akhir Piala Dunia 2022. Momen di mana Messi mengakhiri penantian 36 tahun Argentina untuk memenangkan trofi juara dunia.

Mantan superstar Barcelona itu bahkan mengklaim penghargaan Golden Ball di Qatar, trofi yang diberikan kepada pemain terbaik turnamen. Penghargaan itu diberikan kepadanya setelah mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist.

Sepuluh keterlibatan gol langsung itu diimbangi oleh Mbappe, yang finis sebagai pencetak gol terbanyak. Akan tetapi itu tidak cukup untuk membuat penyerang Prancis tersebut memenangi penghargaan FIFA Terbaik pertamanya.

Messi membuat awal yang lambat dalam kampanyenya bersama PSG. Dengan standar tinggi yang dimilikinya, dia hanya mencetak 11 gol dan membuat 14 assist dalam 34 pertandingan dalam musim perdananya di Parc des Princes.

Namun, pemain berusia 35 tahun, yang juga pengoleksi tujuh Ballon d’Or, menyamai angka tersebut hanya dalam 18 pertandingan pertamanya musim ini menjelang Piala Dunia.

Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang The Best FIFA 2022:

Pemain Pria Terbaik: Lionel Messi

Pemain Wanita Terbaik: Alexia Putellas

Pelatih Tim Pria Terbaik: Lionel Scaloni

Pelatih Tim Wanita Terbaik: Sarina Wiegman

Kiper Pria Terbaik: Emiliano Martinez

Kiper Wanita Terbaik: Mary Earps

Penghargaan Spesial: Pele

Gol Terbaik: Marcin Oleksy

Fair Play: Luka Lochoshvili

Fan Terbaik: Tulo Bombo

Tim Terbaik Pria

Thibaut Courtois; Achraf Hakimi, Virgil Van Dijk, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne, Casemiro, Luka Modric; Lionel Messi, Karim Benzema, Erling Haaland, Kylian Mbappe

Tim Terbaik Wanita

Christian Endler; Lucy Bronze, Leah Williamson, Wendie Renard, Mapi Leon; Alexia Putellas, Sarah Walsh, Lena Oberdorf; Alex Morgan, Sam Kerr, Beth Mead